Kompas.com - 10/10/2021, 09:03 WIB
Merger adalah terjadi ketika dua perusahaan atau bisa lebih digabung. Apa itu merger? Dok. digibankMerger adalah terjadi ketika dua perusahaan atau bisa lebih digabung. Apa itu merger?
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Merger dan akuisisi adalah dua istilah di dunia bisnis yang paling sering disebut, sekaligus paling kerap disalahgunakan.

Biasanya, kedua istilah tersebut digunakan untuk menyebut aksi korporasi berupa penggabungan dua perusahaan, namun ada beberapa perbedaan yang harus dipahami.

Dilansir dari Investopedia, perusahaan biasanya lebih memilih menggunakan istilah merger ketimbang akuisisi ketika membeli sebagian besar saham perusahaan yang lebih kecil.

Akuisisi yang merupakan pengambil alihan kontrol atas sebuah perusahaan baru dinilai memiliki konotasi yang lebih negatif ketimbang merger.

Baca juga: Apa Itu Merger Perusahaan: Definisi, Manfaat, jenis, dan Contohnya

Perbedaan Merger dan Akuisisi

Merger adalah aksi korporasi yang terjadi ketika dua perusahaan berbeda melakukan kombinasi untuk membuat sebuah organisasi baru. Sementara itu, akuisisi adalah upaya satu perusahaan untuk mengambil alih perusahaan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, merger dan akuisisi memiliki kesamaan, yakni merupaan upaya perusahaan untuk memperluas bisnis atau mendapatkan pasar yang lebih luas untuk membuat perusahaan menjadi lebih bernilai di mata pemegang saham.

Merger

Merger dilakukan ketika dua perusahaan sepakat untuk menjadi satu dan menjadi perusahaan baru.

Dengan demikian, maka terjadi kepemilikan baru atas perusahaan tersebut, sekaligus perubahan struk manajemen yang merupakan hasil dari penggabungan dua perusahaan yang berbeda.

Salah satu hal yang bisa menjadi perbedaan antara merger dan akuisisi apakah penggabungan antara kedua perusahaan tersebut terjadi secara sukarela atau karena ada pembelian aset.

Di dalam merger, tidak diperlukan uang tunai, namun setiap perusahaan perlu untuk mengurangi kekuatannya secara individu.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.