Kartu ATM Masuk Selokan, Perlu Panggil Damkar atau Cukup Ganti Baru?

Kompas.com - 10/10/2021, 12:48 WIB
Evakuasi kartu ATM oleh Damkar DKI Screenshot Twitter Damkar DKI JakartaEvakuasi kartu ATM oleh Damkar DKI

KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, viral sebuah video petugas pemadam kebakaran atau Damkar membantu mengambil kartu anjungan tunai mandiri (ATM) milik warga yang jatuh ke saluran air di kawasan Matraman, Jakarta Timur.

Warga yang kartu debitnya terjatuh ke selokan, langsung menghubungi petugas Damkar terdekat untuk membantu mengambilkan kartu ATM yang jatuh. Petugas Damkar pun langsung mendatangi lokasi jatuhnya kartu. 

Sebagai informasi, lokasi jatuhnya kartu debit memang jaraknya cukup berdekatan dengan kantor Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur. 

Petugas Damkar terpaksa sampai harus mengangkat penutup saluran air itu dengan alat khusus yang dibawanya. Beton dikaitkan pada tali dan ditarik tiga petugas dan dibantu dengan alat crane. 

Kasus kartu ATM atau kartu debit yang masuk ke got sebenarnya seringkali terjadi, dan menjadi salah satu sekian banyak kasus kehilangan kartu ATM yang dilaporkan ke bank.

Baca juga: Lengkap, Rincian Biaya Admin Tabungan BNI, BRI, BTN, dan Mandiri

Beberapa kasus laporan kehilangan kartu ATM lainnya antara lain hilang di jalan, tertelan mesin ATM, jadi korban pencopetan, musibah kebakaran, banjir, tertinggal di jalan, hingga lupa menaruhnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah saat kartu ATM hilang, nasabah bank bisa langsung menghubungi layanan call center atau pun datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Sebenarnya melakukan penggantian kartu ATM bukanlah hal yang sulit. Hanya saja, agar proses ganti kartu bisa berjalan lancar, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Berikut beberapa syarat yang harus dibawa nasabah untuk penggantian kartu ATM baru:

  • Buku rekening tabungan
  • Kartu identitas berupa KTP/SIM/Paspor
  • Kartu debit apabila alasan penggantian karena rusak

Baca juga: Ini Rincian Biaya Admin Bank BRI Britama dan Simpedes Terbaru

Untuk penggantian kartu ATM baru karena alasan hilang, beberapa bank seringkali harus mewajibkan nasabah untuk membawa surat keteranan kehilangan yang diterbitkan kantor kepolisian. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.