Fluktuasi Adalah Perubahan Naik Turun, Simak Definisi dan Penyebabnya

Kompas.com - 10/10/2021, 14:20 WIB
Fluktuasi adalah kondisi yang biasa terjadi di pasar SHUTTERSTOCK/YOGASITAMASFluktuasi adalah kondisi yang biasa terjadi di pasar

KOMPAS.com - Fluktuasi adalah istilah yang cukup familiar di telinga. Fluktuasi artinya kondisi naik turun secara tajam terkait haarga pasar. Apa itu fluktuasi?

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), fluktuasi adalah gejala yang menunjukkan turun-naiknya harga atau keadaan turun-naik harga dan sebagainya.

Masih menurut KBBI, fluktuasi adalah perubahan (harga tersebut) karena pengaruh permintaan dan penawaran, ketidaktetapan, atau karena kegoncangan seperti peperangan.

Pengertian lainnya fluktuasi adalah perubahan pada variabel tertentu yang terjadi akibat mekanisme pasar, di mana dapat berupa perubahan kenaikan atau penurunan dari nilai variabel tersebut.

Terkadang, fluktuasi adalah kata yang dipakai untuk menggambarkan kondisi pergerakan naik turun harga di pasar, sehingga apa itu fluktuasi cukup sering kita dengar dalam pemberitaan media massa seperti televisi hingga surat kabar. 

Baca juga: Apa Itu Pemasaran: Definisi, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Contoh fluktuasi

Berikut ini beberapa contoh penggunaan istilah apa itu fluktuasi:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Fluktuasi harga barang

Fluktuasi harga barang biasa ditemui pada data harga-harga barang di pasar yang mengalami naik turun secara signifikan. Harga barang yang fluktuasi adalah karena faktor permintaan dan penawaran.

Contohnya dari fluktuasi adalah pada harga-harga sembako seperti harga beras naik naik turun. Harga naik saat pasokan terbatas, sebaliknya harga beras turun saat panen melimpah.

2. Fluktuasi harga harga saham

Bagi para investor, istilah fluktuasi adalah hal yang sudah terdengar tak asing lagi. Fluktuasi harga saham lazim terjadi. 

Harga saham yang fluktuatif dipengaruhi banyak faktor tak hanya karena permintaan dan penawaran. Beberapa faktor lain tersebut seperti kondisi perusahaan, krisis ekonomi, hingga faktor spekulatif. 

3. Fluktuasi nilai tukar

Fluktuasi adalah istilah yang juga lazim ditemui pada perdagangan mata uang valutas asing. Nilai tukar mata uang bisa sangat berfluktuatif tergantung pasar.

Seperti nilai tukar dollar AS terhadap rupiah yang berfluktuasi di masa-masa tertentu dengan perubahan yang sangat signifikan. 

Fluktuasi adalah kondisi umum dalam harga komoditas pertanian.ANTARA FOTO/AJI STYAWAN Fluktuasi adalah kondisi umum dalam harga komoditas pertanian.

Baca juga: Apa Itu Merger Perusahaan: Definisi, Manfaat, jenis, dan Contohnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.