Sejumlah Kesepakatan Perdagangan Dicapai dalam INACEE Business Forum

Kompas.com - 10/10/2021, 20:00 WIB
Ilustrasi perdagangan internasional freepik.com/ shutterdinIlustrasi perdagangan internasional

KOMPAS.com - Hubungan perdagangan antara Republik Indonesia dan negara-negara kawasan Eropa Timur terus mengalami perkembangan signifikan.

Berbagai penandatanganan kerja sama maupun upaya menemukan pasar baru terus dijalin untuk meningkatkan nilai perdagangan antara Indonesia dan negara-negara Eropa Timur, terlebih khusus Bulgaria.

Salah satu realisasinya adalah penandatanganan letter of intent (LoI) kerja sama antara PT Rodamas Inti Internasional dan PICCO, Ltd Bulgaria dalam pembelian produk kelapa, khususnya tepung kelapa dan produk Sasa lainnya.

Baca juga: Lewat Perjanjian Dagang, Mendag Optimistis Perdagangan RI-Australia Bakal Menggeliat

Hal itu dilakukan di sela pelaksanaan Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INACEE Business Forum) di Jakarta, pekan lalu.

“Penandatanganan kerja sama kedua pihak ini sangat menggembirakan. Kami optimistis tindak lanjut kesepakatan ini dapat menyumbang angka perdagangan per tahun antara 1 juta dollar AS-1,5 juta dollar AS,” kata Duta Besar RI untuk Bulgaria Iwan Bogananta, dalam keterangan resminya, Jumat (8/10/2021).

Indonesia-Central and Eastern Europe Business Forum (INACEE) 2021 merupakan sebuah forum bisnis yang diinisiasi Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri dengan tema ‘Doing Business with Indonesia: Asia’s Economic Powerhiuse’.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iwan Bogananta melanjutkan, selain kerja sama antara Rodamas dan PICCO, ada pula penanatanganan kesepakatan antara Idea Group Bulgaria dan pengusaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia.

“Kami senang adanya deal antara kedua pihak, terutama adanya pembelian bulu mata dan saus barbeque lokal asal Yogyakarta,” kata Iwan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.