Perusahaan Skin Care, Base, Peroleh Pendanaan Pre-Series A

Kompas.com - 11/10/2021, 13:54 WIB
Ilustrasi rupiah Shutterstock/PramataIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan kecantikan dan wellness direct-to-consumer (DTC), Base mengumumkan perolehan sejumlah dana pra-seri A.

Pendanaan ini dipimpin oleh Skystar Capital dengan partisipasi dari partner investor seperti East Ventures, Antler, dan sekelompok investor baru, iSeed Southeast Asia, Pegasus Tech Ventures, XA Network, serta angel investor lainnya pada pertengahan tahun ini.

Partner dari Skystar Capital Geraldine Oetama mengungkapkan, pendanaan segar akan mempercepat kapasitas perusahaan meliputi teknologi, upaya pertumbuhan, termasuk ekspansi distribusi dan pengembangan produk.

Baca juga: Ekonomi Digital Berkembang, Startup Banjir Pendanaan

“Kita berharap untuk dapat memperluas Base di Indonesia. Skincare adalah segmen pasar yang berkembang pesat di negeri ini dan Base telah memecahkan masalah umum dalam menemukan skincare yang sesuai dengan beragam jenis kulit, goals, dan gaya hidup,” kata Geraldine dalam siaran pers, Senin (11/10/2021).

Geraldine mengungkapkan, Base saat ini tengah berkembang pesat karena produk perawatan kulitnya berbahan vegan, organik dan juga halal. Dari pembersih wajah hingga sunscreen, Base memiliki target terutama untuk Gen-Z dan Millenials di Indonesia.

“Dengan personalisasi skin care yang efektif, bebas dari paraben dan juga vegan, mendorong peningkatan permintaan akan skincare, ditambah dengan pendekatan teknologi dan personalisasi Base yang unik, membuat kami sangat bersemangat untuk membawa Base ke tahap selanjutnya,” jelas dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Base diluncurkan pada Januari 2020, yang mana produknya telah tersebar ke 34 provinsi di seluruh nusantara. Selama pandemi, pendapatan tahunan Base mengalami pertumbuhan melebihi 24 kali di tahun 2021, didorong oleh langkah afiliasi komunitas.

Yaumi Fauziah Sugiharta, Co-Founder dan CEO Base mengungkapkan, konsumen setia Base telah membantu penjualan melalui komisi dan melakukan langkah co-creation dengan komunitas seperti meluncurkan beberapa kemasan limited-edition yang dirancang oleh para konsumen dan ilustrator muda ternama Indonesia.

"Kami sangat bersemangat untuk melanjutkan kemitraan jangka panjang dengan partner investor yang sudah bergabung dengan Base sejak tahap awal, dan memulai kemitraan strategis dengan investor baru untuk memperkuat posisi perusahaan dalam mengembangkan industry kecantikan di Indonesia,” ujar Yaumi Fauziah Sugiharta, Co-Founder dan CEO Base.

Penelitian Euromonitor menunjukkan, industri kecantikan tetap tangguh menghadapi pandemi dibandingkan dengan industri lain yang terkena dampaknya.

Baca juga: Pendanaan lewat BEI Tahun Ini Jadi yang Terbesar Sepanjang Sejarah

 

Pasar kecantikan di Indonesia diprediksikan akan mencapai 10 miliar dollar AS pada tahun 2025, utamanya didorong oleh kategori perawatan diri (perawatan rambut, perawatan tubuh) dan skincare, dengan tingkat pertumbuhan tahunan yang pesat sebesar 6 persen.

Co-Founder dan Chief Product Officer Base, Ratih Permata Sari mengungkapkan, pihaknya ingin membangun perusahaan tech-beauty yang relevan untuk generasi Millennial dan Gen-Z, dimana pihaknya terus mendengarkan dan memperbarui pengalaman digital dan kualitas produk fisik agar selalu memiliki hubungan yang erat dengan konsumen dan tentunya berusaha memahami kebutuhan mereka.

“Alur distribusi utama Base adalah melalui jalur pemasaran online, dan kondisi pandemi membantu kami mempercepat laju adopsi pembelian produk Base karena semakin banyak jumlah konsumen yang berbelanja melalui handphone mereka.” tambah Ratih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.