BI Proyeksikan Kinerja Penjualan Ritel Membaik Bertahap

Kompas.com - 11/10/2021, 14:49 WIB
Ilustrasi ritel modern www.shutterstock.comIlustrasi ritel modern

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia memperkirakan kinerja penjualan eceran September 2021 membaik secara bertahap.

Hal ini tertuang dalam Hasil Survei Penjualan Eceran1 (SPE) pada Agustus 2021. Dalam survei tersebut Indeks Penjualan Riil (IPR) September 2021 tercatat sebesar 190,3 atau kontraksi yang makin mengecil secara tahunan.

Secara tahunan, pertumbuhan penjualan eceran September 2021 diprakirakan sebesar -1,8 persen (yoy), tidak sedalam -2,1 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

Baca juga: Cegah Kiamat Ritel, Kenali 4 Jenis Konsumen

 

Mayoritas kelompok mencatatkan perbaikan, terutama didorong oleh kenaikan penjualan kelompok Bahan Bakar Kendaraan Bermotor sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat.

Adapun IPR Agustus 2021 tercatat sebesar 192,5 atau tumbuh 2,1 persen (mtm), terakselerasi dari bulan sebelumnya sebesar -5,0 persen (mtm).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Peningkatan tersebut terutama bersumber dari kelompok suku cadang dan aksesori, subkelompok sndang, dan kelompok bahan bakar kendaraan bermotor," tulis Kepala Grup Departemen Komunikasi Bank Indonesia Muhamad Nur dalam keterangan resminya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Curhat Pengusaha: Setiap Hari, 2 Toko Ritel Bangkrut Karena Corona

 

Responden menyatakan peningkatan penjualan didorong oleh permintaan masyarakat sejalan dengan pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di berbagai daerah. Secara tahunan, kinerja penjualan eceran pada Agustus 2021 tercatat kontraksi -2,1 perseen (yoy), membaik dari kontraksi -2,9 persen (yoy) pada bulan sebelumnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.