Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Milenial Sulit Punya Rumah?

Kompas.com - 11/10/2021, 15:07 WIB
Rully R. Ramli,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi milenial sering kali disebut bakal kesulitan mendapatkan hunian atau rumah pertamanya lantaran meningkatnya harga hunian di berbagai daerah.

Sementara itu, kenaikan harga rumah tersebut tidak dibarengi dengan kenaikan penghasilan milenial. Bahkan, sebagian generasi milenial disebut masih memiliki penghasilan pas-pasan.

Lantas apakah anggapan milenial sulit punya rumah itu benar?

Menurut Co-Founder Finansia Consulting Eko Endart, anggapan milenial sulit punya rumah bisa terbantahkan. Ia mengatakan, saat ini pemerintah bersama perbankan telah menyediakan sejumlah insentif atau kemudahan untuk meringankan beban para milenial yang ingin memiliki hunian sendiri.

"Salah satunya adalah kebijakan terkait masa cicilan dari yang dulunya maksimal 15 tahun kini menjadi 25 atau bahkan 30 tahun," kata dia dalam keterangannya, Senin (11/10/2021).

Baca juga: Dana FLPP Beralih ke BP Tapera, Bagaimana Nasib Pembeli Rumah Subsidi?

Selain itu, Eko menambahkan, besaran uang muka pembelian hunian yang dulu dipatok minimal 30 persen pun sekarang sudah dikikis menjadi 10 persen. Ada pula yang menjalankan skema cicilan uang muka.

Dari sisi penghasilan, milenial dinilaI semakin gigih mencari pendapatan sampingan. Berbeda dengan generasi babyboomers yang cenderung mengandalkan satu sumber pendapatan, generasi milenial dinilai lebih aktif dalam menghasilkan pundi-pundi dengan mengerjakan dua atau lebih pekerjaan sampingan.

"Jadi, teori yang menyatakan milenial sulit memiliki hunian bisa dibantahkan kalau milenial tadi mau berusaha untuk mengejar ketertinggalannya, itu bisa," ujarnya.

Selain itu, para pengembang properti juga mulai berlomba-lomba menyediakan produk hunian yang sesuai dengan kebutuhan milenial.

Salah satunya, pengembang berusaha untuk mengembangkan proyek hunian yang tidak terlalu jauh dari kota besar seperti Jabodetabek atau kota yang menjadi pusat kegiatan dan dikelilingi dengan sejumlah fasilitas penting.

"Jadi, pengembang pun berusaha supaya milenial bisa beli (hunian)," ujarnya.

Baca juga: Ingin Membeli Rumah Pertama, Simak Syarat Mengajukan KPR Berikut

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com