80 Orang Terpapar Covid-19 Selama PON XX Papua, Luhut: Akan Jadi Pembelajaran

Kompas.com - 11/10/2021, 17:15 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Bali, Jumat (10/9/2021). Humas Pemprov BaliMenteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat berkunjung ke Bali, Jumat (10/9/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, terjadi peningkatan mobilitas penduduk dari Jawa dan Bali menuju Papua dalam rangka gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua.

Seiring dengan hal itu, mulai muncul klaster baru Covid-19. Dalam hal ini ada 80 orang yang terpapar Covid-19 pada perhelatan olahraga tersebut.

 

"Sampai hari ini, yang terpapar kita ketahui sekitar 80 orang. Pelaksanaan PON ini akan menjadi pembelajaran untuk pelaksanaan event-event besar lainnya nanti," ujarnya melalui media daring Sekretariat Presiden, Senin (11/10/2021).'

Baca juga: Ini Rincian Lengkap Dana APBN yang Tersedot untuk Biayai PON XX Papua

Lebih lanjut, Luhut bilang, pemerintah telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Satuan Petugas (Satgas) Nomor 17 Tahun 2021 untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus setelah kepulangan kontingen dan seluruh panitia ke daerah asal.

Dalam kesempatan itu Luhut menuturkan pada 10 Oktober hanya terdapat kasus kematian sebesar 39 untuk nasional dan 17 untuk wilayah Jawa dan Bali. Dibandingkan dengan negara-negara tetangga di ASEAN, kasus Indonesia termasuk yang terendah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Covid-19 Recovery Index Indonesia yang dirilis oleh Nikkei menunjukkan peringkat Indonesia sudah jauh lebih baik dibandingkan Singapura, Malaysia hingga Thailand. Dalam evaluasi mingguan hari ini, syarat minimum cakupan vaksinasi lansia untuk penurunan level PPKM yang diberlakukan sejak 13 September 2021 mampu mendongkrak kecepatan vaksinasi lansia di Jawa-Bali secara signifikan.

Baca juga: Kisah Ishak, Pegawai PLN Asal Papua yang Pernah Bermimpi Ikut PON

"Saat ini tingkat vaksinasi dosis pertama untuk Jawa, Bali sudah mencapai 40 persen per 10 Oktober 2021, naik 8 persen sejak 13 September 2021," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.