Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IKM Dekorasi Rumah Siap-siap, Pemerintah Bakal Bukakan Akses Pasar

Kompas.com - 11/10/2021, 17:30 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membukakan akses pasar bagi para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) bidang home decoration.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin Dody Widodo dalam siaran persnya, Senin (11/10/2021), usai 6 institusi meneken Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang program Aku Siap Ekspor.

“Kolaborasi 6 institusi ini dalam rangka memberikan peningkatan kapasitas berupa pelatihan dan pendampingan, serta pembukaan akses pasar kepada pelaku UKM/IKM yang bergerak di sektor home decoration, dengan jumlah peserta yang telah terkurasi sebanyak 114 IKM,” kata Sekjen Kemenperin, Dody Widodo dalam siaran resminya dikutip Kompas.com, Senin (11/10/2021)

Keenam institusi tersebut yaitu Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonom Kreatif, Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI), serta Yayasan Business & Export Development Organization.

Baca juga: Bank Mandiri Layani Transaksi Logistik Nasional

Dody mengatakan, Kemenperin mengapresiasi upaya dari semua pihak yang terlibat dalam kerja sama tersebut. Kemenperin berharap kerja sama itu bisa meningkatkan ekspor pelaku UKM guna mendukung upaya pemulihan ekonomi nasional.

“Karena banyak pelaku IKM kita yang sudah mampu menghasilkan produk yang berdaya saing di kancah global. Hal ini yang perlu terus kita pacu,” ujar Dody.

Dody menjelaskan, program Aku Siap Ekspor meliputi kegiatan workshop, webinar, pendampingan, diskusi, dan pameran yang berlangsung sampai 31 Desember 2022.

Sementara itu, Plt. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengatakan, para tenaga pelatih dan pendamping berasal dari berbagai pemangku kepentingan.

“Program Aku Siap Ekspor dipayungi oleh Perjanjian Kerja Sama yang substansinya telah dibahas dan disepakati oleh seluruh pihak,” ujar Reni Yanita.

Baca juga: Dirut Pertamina Duduki Peringkat Ke-17 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com