KILAS

Tingkatkan IP Petani Kabupaten Barru, Kementan Bangun Irigasi Perpompaan

Kompas.com - 12/10/2021, 09:32 WIB
Kementan bangun irigasi perpompaan dan perpipaan yang diperuntukan kepada Kelompok Tani (Kelota) Ternak Cimpu Raya, Desa Nepo, Kecamatan Mallusitas, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel). DOK. Humas Kementan Kementan bangun irigasi perpompaan dan perpipaan yang diperuntukan kepada Kelompok Tani (Kelota) Ternak Cimpu Raya, Desa Nepo, Kecamatan Mallusitas, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, pihaknya tengah mengembangkan irigasi perpompaan dan perpipaan. Salah satunya diperuntukan kepada Kelompok Tani (Kelota) Ternak Cimpu Raya, Desa Nepo, Kecamatan Mallusitas, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Terbukti, keberadaan irigasi tersebut telah memberikan nilai tambah cukup tinggi terhadap hasil pertanian Kelota Ternak Cimpu Raya berupa dua kali penanaman dalam setahun.

Adapun pengembangan irigasi perpompaan bertujuan untuk memanfaatkan potensi sumber air permukaan sebagai suplesi air irigasi bagi komoditas tanaman pangan, hortikultura, dan perkebunan serta budi daya ternak.

Baca juga: Jadi Kebutuhan Mendasar, Irigasi Dongkrak Produktivitas Pertanian

"Irigasi ini juga berperan untuk meningkatkan intensitas pertanaman (IP) dan atau luas areal tanam, meningkatkan produktivitas pertanian, pendapatan dan kesejahteraan petani," imbuh SYL seperti dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Tak hanya itu, kata dia, pengairan sawah dengan metode pompa diklaim dapat memaksimalkan potensi sumber air permukaan sebagai air irigasi, baik di daerah irigasi maupun nondaerah irigasi.

Jadi solusi saat kemarau

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan, irigasi perpompaan bisa menjadi solusi saat kemarau.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bendung Mena NTT Diperbaiki Guna Pulihkan Suplai Air Irigasi Warga

"Sebagai bagian dari water management, irigasi perpompaan memastikan air bisa selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan lahan pertanian. Ini termasuk saat kemarau sehingga produksi pertanian benar-benar tidak terganggu," katanya.

Ali berharap, masyarakat sekitar bisa menjaga dan memaksimalkan fungsi irigasi perpipaan. Dengan begitu, tidak hanya meningkatkan produktivitas meningkat, tetapi juga pendapatan para petani.

Sementara itu, Direktur Irigasi Dirjen PSP Kementan Rahmanto menambahkan, irigasi perpompaan untuk Kelompok Tani Ternak Cimpu Raya, Desa Nepo, Kecamatan Mallusitas diselenggarakan untuk menjaga tingkat kesejahteraan petani.

"Kementan memastikan air selalu tersedia untuk mendukung produksi pertanian, salah satunya melalui irigasi perpipaan," ucapnya.

Baca juga: Genjot Produktivitas Pertanian, Kementan Realisasikan Program Irigasi Perpipaan di Sorong

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.