KILAS

Mentan SYL Tekankan Pentingnya Keterbukaan Informasi Publik untuk Pertanian Masa Depan

Kompas.com - 12/10/2021, 09:43 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan penghargaan kepada Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Ali Jamil dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021, Senin (11/10/2021). DOK. Humas Kementerian PertanianMenteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memberikan penghargaan kepada Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Ali Jamil dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021, Senin (11/10/2021).

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan pentingnya layanan, akses data, dan keterbukaan informasi publik untuk membangun sektor pertanian masa depan yang maju, mandiri, dan modern.

Informasi publik merupakan awal dari lahirnya sebuah data yang penting sebelum melakukan pengambilan kebijakan,” tutur Mentan SYL dalam acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pertanian (Kementan), Senin (11/10/2021).

Ia memaparkan, data dan informasi publik merupakan senjata utama sektor pertanian yang tidak boleh dipermainkan menjadi kebijakan yang menyesatkan.

Informasi publik, lanjut Mentan SYL, dapat melahirkan program berbasis data yang mampu mewujudkan kegiatan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga: Permudah Distribusi Pertanian di Tabanan, Kementan Bangun Jalan Usaha Tani

“Sebab, dari informasi yang terpublikasi, nantinya akan melahirkan transparansi," kata Mentan SYL, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (12/10/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menilai, kinerja baik seluruh jajaran Kementan dapat terwujud berkat program yang dirancang dengan baik pula.

“Semua ini (kinerja baik Kementan) tentunya karena adanya akses informasi yang jernih, transparan, dan akuntabel dari semua pihak di Kementan,” ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan, informasi publik dapat terwujud berkat kinerja baik Kementan di lapangan.

“Tanpa kinerja, tentu tak ada yang bisa dilaporkan sebagai informasi kepada masyarakat luas," katanya.

Baca juga: Bantuan Jagung 1.000 Ton dari Kementan Berbuntut Konflik Petani Pemasok dan Koperasi Peternak Blitar

Sebagai informasi, dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021, sebagai unit kerja Eselon I Kementan, Direktorat Jenderal (Ditjen) PSP Kementan berhasil meraih dua kategori penghargaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.