Kompas.com - 12/10/2021, 11:28 WIB
Ilustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin. SHUTTERSTOCK/CHINNAPONGIlustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga aset kripto jenis Bitcoin masih melanjutkan tren penguatannya. Bahkan pada sesi perdagangan hari ini, Selasa (12/10/2021), harga bitcoin sudah menembus level Rp 824 juta.

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, harga Bitcoin sempat menembus harga Rp 824 juta, dengan kapitalisasi pasar melebihi 1 triliun dollar AS.

Ia menjelaskan, penguatan harga tersebut selaras dengan meningkatnya permintaan Bitcoin sejak awal Oktober 2021.

"Semakin banyak orang yang mempercayai kripto sebagai sebuah aset yang layak untuk dimiliki membuat masyarakat makin banyak yang berminat untuk membeli jadi harganya makin menguat," kata dia dalam keterangan tertulis, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Shiba Inu: Mata Uang Kripto yang Harganya Meroket karena Cuitan Elon Musk

Setelah September lalu Bitcoin sempat anjlok akibat sentimen kasus Evergrande dan langkah tegas China melarang transaksi kripto, sejumlah sentimen positif mulai bermunculan sejak awal Oktober ini.

Salah satu sentimen positif yang mendongkrak harga Bitcoin ialah kabar terkait Twitter yang segera dapat mengirimkan Bitcoin antara satu pengguna dengan yang lainnya secara instan dan hampir tanpa biaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, terdapat pernyataan Ketua Securities and Exchange Commission Amerika Serikat Gary Gensler yang menegaskan kembali dukungannya untuk bursa Bitcoin yang akan diinvestasikan dalam kontrak berjangka.

Gubernur Federal Reserve Jerome Powell, dalam sambutannya di depan Kongres memastikan, pihaknya tidak berniat melarang semua aset kripto.

Baca juga: Bank Sentral China Larang Transaksi Aset Kripto, Bagaimana Prospek Bitcoin Cs?

“Hanya butuh waktu satu pekan bagi Bitcoin untuk menunjukkan tajinya dari harga Rp 690 juta  ke Rp 824 juta," ujar Oscar.

Dengan terus tumbuhnya jumlah investor aset kripto, Oscar menyebutkan, pihaknya dapat memfasilitasi transaksi aset kripto dengan minimal pembelian mulai dari Rp 10.000.

"Masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir karena Bitcoin dan Indodax sudah memiliki legalitas di Indonesia dan diatur oleh Kementerian Perdagangan dan Badan Pengawas Perdagangan Bursa Berjangka Komoditi (BAPPEBTI)," ucapnya.

Baca juga: Upaya El Salvador Legalkan Bitcoin Tak Mulus, Banyak Diprotes Warganya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.