Luhut: Kita Bisa Mengabdi ke Negara Sesuai Porsi Masing-masing

Kompas.com - 12/10/2021, 15:20 WIB
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi internal bersama Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno  membahas terkait pemulihan pariwisata secara virtual, Kamis (7/1/2021). Dokumentasi Humas Kemenko MarvesMenteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menggelar rapat koordinasi internal bersama Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno membahas terkait pemulihan pariwisata secara virtual, Kamis (7/1/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menilai setiap orang bisa mengabdi kepada negara tanpa harus menjadi Presiden. 

"Saya katakan, apa harus menjadi Presiden baru bisa mengabdi (pada negara)?," ujar Luhut saat memberikan sambutan dalam Grand Launching Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Timur, yang disiarkan di kanal Youtube Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Selasa (12/10/2021).

"Kita semua bisa mengabdi (kepada negara) sesuai porsi kita masing-masing. Kita semua bisa berkarya dengan porsinya masing-masing," sambung Luhut.

Ia mengingatkan kepada para menteri serta pejabat yang hadir di dalam Gernas BBI agar mengerjakan tugas yang terbaik bagi negara.

Baca juga: Luhut Ungkap Perintah Presiden Jelang Pembukaan Penerbangan Internasional ke Bali

Salah satunya yaitu berupaya memulihan perekonomian nasional melalui Gernas BBI yang tujuannya untuk membangkitkan kembali para usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Jangan pernah ada mimpi muluk-muluk yang membuat kita akhirnya runtuh sendiri," kata dia.

Luhut yang juga menjadi Ketua Tim Gernas BBI mengungkapkan, program Gernas BBI sangat penting karena pemerintah berupaya mempertahankan 60 juta tenaga kerja yang bekerja pada sektor UMKM.

Oleh karena itu, Luhut menilai wajar jika dirinya dilibatkan dalam menangani program Gernas BBI tersebut.

"Orang bilang UMKM, apalah si Luhut kerjain gini-ginian. Eh, ini menyangkut puluhan juta lapangan kerja. Kita ada 60 juta orang bekerja dalam UMKM ini dan saya berharap kita dorong ini," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Luhut menyampaikan bahwa total pelaku UMKM yang telah beralih ke perdagangan digital mencapai 16 juta lebih UMKM.

Baca juga: Daftar Jabatan Tambahan Luhut Binsar Pandjaitan dari Jokowi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.