Erick Thohir: Tambang Freeport Bakal Pakai Mobil danTruk Otonom

Kompas.com - 12/10/2021, 15:24 WIB
Kegiatan operasi pertambangan PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, Sabtu (12/5/2012). KOMPAS/AGUS SUSANTOKegiatan operasi pertambangan PT Freeport Indonesia di Timika, Papua, Sabtu (12/5/2012).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, ke depannya PT Freeport Indonesia (PTFI) akan mengembangkan pengelolaan tambang dengan teknologi 5G.

Pengembangan teknologi 5G ini merupakan hasil kerja sama antara Freeport Indonesia dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

“Sesuai transformasi di dunia terkait revolusi industri 4.0, kami berencana 6 bulan lagi akan meresmikan 5G mining (tambang). Ini yang pertama di Asia Tenggara,” ungkap Erick dalam acara groundbreaking smelter Freeport Indonesia di Gresik, Selasa (12/10/2021).

Baca juga: Erick Thohir: Untung Bersih Freeport Tahun Ini Rp 40 Triliun

Ia menjelaskan, dengan penerapan teknologi jaringan 5G setidaknya pada April 2022 mendatang, nantinya tambang milik Freeport akan memiliki mobil dan truk besar dengan sistem autonomous driving atau bisa bergerak sendiri tanpa pengemudi. Kendaraan ini dikenal dengan kendaraan otonom.

“Rencananya di sana ada kecanggihan dari autonomous car atau autonomous truk-truk besar. Persiapan ini kami coba maksimalkan antara Freeport dan Telkom," kata dia.

Erick menambahkan, penerapan 5G dalam pengeleloaan tambang juga dimaksudkan untuk menjaga keamanan operasional, terutama bagi para tenaga kerja. Sebab, penambangan yang cukup dalam perlu dibarengai dengan proteksi yang optimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lanjutkan Proyek Smelter di Gresik, Freeport Batal Gandeng Tsinghan China

“Ini untuk menjaga keamanan operasional, karena dengan kategori tambang yang dalam, penting sekali proteksi bagi tenaga kerja di dalamnya. Serta yang menarik, di 5G mining juga ada istilah meningkatkan konektivitas integrasi hyper connect network,” jelas Erick.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.