Hasil Riset Tunjukan Pendapatan UMKM Mitra GoTo Financial Naik 37 Persen

Kompas.com - 12/10/2021, 20:07 WIB
Grup GoTo memayungi Gojek, Tokopedia, dan Goto Financial yang beroperasi dengan entitas masing-masing. kompas.comGrup GoTo memayungi Gojek, Tokopedia, dan Goto Financial yang beroperasi dengan entitas masing-masing.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) menunjukkan adanya peningkatan pendapatan UMKM yang telah tergabung dalam ekosistem digital GoTo.

Pengamat ekonomi UI Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, selama pandemi telah terjadi tren peralihan model bisnis berbasis fisik atau offline menjadi non fisik atau berbasis daring.

Dengan adanya tren tersebut, Lembaga Demografi FEB UI menyatakan, omset mitra UMKM di ekosistem digital GoTo Financial pada tahun 2021 diprediksi naik 37 persen dibanding tahun sebelumnya.

Baca juga: GoTo Kuasai 4,8 Persen Saham Multipolar

"Digitalisasi ini menjadi penyumbang bagi peningkatan omset mitra UMKM di GoTo Financial," kata Fithra, dalam keterangannya, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, hal tersebut merefleksikan pentingnya digitalisasi bagi para pelaku usaha, khususnya pada segmen UMKM untuk dapat bertahan sekaligus meningkatkan bisnisnya di tengah kenormalan baru selama pandemi.

"Tetapi jika UMKM tidak mampu beradaptasi dengan digitalisasi, mereka akan tertinggal dan hal ini bisa menimbulkan terjadinya gap yang semakin lebar," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, dibutuhkan peran pemerintah untuk menjembatani gap ini. Salah satunya adalah dengan mendorong para pelaku UMKM untuk bergabung dalam platform digital melalui program Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Baca juga: Mitra Usaha Terus Bertambah, GoTo Financial Dorong Digitalisasi UMKM

Dari upaya yang dilakukan pemerintah ini, hingga akhir 2020, tercatat sebanyak 11,7 UMKM telah masuk atau on boarding ke bisnis daring.

"Upaya mendorong digitalisasi UMKM ini akan bisa berjalan dengan baik jika diterapkan konsep Quadruple Helix Model. Konsep ini merupakan kolaborasi antara pemerintah, akademisi, pebisnis atau industri, dan komunitas," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.