Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minat Franchise Apotek K-24? Ini Modal dan Cara Pengajuannya

Kompas.com - 13/10/2021, 08:53 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuka usaha di bidang penjualan obat-obatan bisa menjadi salah pilihan yang tepat di tengah pandemi Covid-19.  Artikel ini akan membahas peluang  franchise Apotek K-24.

Seperti diketahui, Apotek K-24 adalah salah satu apotek yang sudah banyak memiliki cabang. Dikutip dari website resminya, Apotek K-24 sudah memiliki lebih dari 550 gerai yang tersebar di 122 kabupaten atau kota di Indonesia.

Apotek K-24 juga membuka peluang franchise bagi masyarakat yang ingin menjadi pengusaha obat. Mengutip dari situs resminya, Rabu (13/10/2021), berikut adalah biaya hingga cara membeli franchise Apotek K-24.

Baca juga: Syarat Membuka Franchise Croffle Baker Time

Modal Investasi

Untuk gerai seluas 60 meter persegi di pulau Jawa umumnya membutuhkan biaya investasi sekitar Rp 1,2 miliar.

Investasi tersebut sudah mencakup biaya franchise fee (royalti pemakaian merek), sewa bangunan selama 3 tahun, renovasi bangunan, stok obat, papan nama gerai eksterior, interior dan mebel.

Selain itu, dengan modal tersebut franchisor juga mendapatkan sistem dan software IT, modal kerja 6 bulan, inventaris gerai (seperti sepeda motor, AC, genset, PABX, ATK, dll), biaya pelatihan awal, serta perizinan, dan administrasi pembukaan apotek.

Jika target penjualan tahunan dan target margin tercapai, serta biaya operasional dapat dikendalikan, maka berdasarkan pengalaman sebelumnya dari para franchisor, balik modal akan terjadi dalam kurang lebih 3,5 tahun.

Ada juga apotek yang balik modal lebih cepat karena pertumbuhan yang sangat baik.

Baca juga: Punya Uang Rp 20 Juta, Enaknya Franchise Apa?

Cara Pengajuan

Bagi Anda yang tertarik untuk franchise Apotek K-24, bisa mendaftarkan diri melalui 08-1212-01-2424 atau lewat situs resminya di www.apotek-k24.com

Nantinya calon franchisor harus mengisi Enquiry Form (formulir aplikasi) dan mengikuti presentasi waralaba Apotek K-24.

Setelah itu, akan ada penandatanganan MOU dan menentukan lokasi gerai.

Terakhir menandatangani perjanjian waralaba dan memulai langkah pra-operasional (akan dipandu oleh PT K-24 Indonesia sebagai pewaralaba).

Baca juga: Apa Itu Franchise dan Bagaimana Skema Bisnisnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com