Bos BI: Semoga di Triwulan III Ini Ekonomi Indonesia Bisa Tumbuh 5 Persen...

Kompas.com - 13/10/2021, 17:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo berharap ekonomi Indonesia pada kuartal III 2021 bisa tumbuh sebesar 5 persen.

Kemudian, pertumbuhan ekonomi di kuartal IV 2021 mesti sebesar 4,5 persen agar mencapai pertumbuhan di rentang 3,5 persen hingga 4,3 persen sepanjang tahun 2022.

"Semoga di triwulan III ini bisa tumbuh sekitar 5 persen, triwulan IV 4,5 persen sehingga secara keseluruhan, tahun ini bisa tumbuh 3,5-4,3 persen dari minus 2,7 persen tahun lalu," kata Perry dalam webinar Kafegama di Jakarta, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Menko Airlangga: Ekonomi Indonesia Sudah Masuk Jalur Positif

Perry meyakini, pertumbuhan itu masih realistis mengingat pemulihan ekonomi sudah mulai terjadi. Pada kuartal II 2021 saja, ekonomi sudah tumbuh 7,07 persen secara tahunan (yoy).

Lalu pada tahun depan, Bank Indonesia memproyeksi perekonomian akan tumbuh lebih tinggi di kisaran 4,6 persen hingga 5,6 persen.

"Ekonomi kita terus membaik. Insya Allah tahun ini setelah mengalami pertumbuhan yang tinggi 7,07 persen di triwulan II, Insya Allah terus akan tumbuh di triwulan III dan IV," sebut Perry.

Lebih lanjut dia berujar, pertumbuhan ekonomi sedikit banyak akan ditopang oleh investor, baik investor pasar uang maupun pasar modal.

Perry bilang, Indonesia butuh kehadiran investor untuk membuat ekonomi jauh lebih resilience dan bangkit.

Investor yang dimaksud adalah investor besar, investor menengah, hingga investor ritel yang mengalami peningkatan saat pandemi Covid-19.

"Negeri ini butuh kita semuanya. Negeri ini membutuhkan pembiayaan bagi kemajuan negeri kita. Negeri ini membutuhkan investor yang besar, menengah, dan kecil seperti Anda semua. Mari kita bangkit, sehat, optimis," pungkas Perry.

Baca juga: PPKM Berlanjut, BI Tetap Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Kisaran 3,5 - 4,3 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.