Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kinerja Kegiatan Usaha Alami Perlambatan pada Kuartal III-2021

Kompas.com - 13/10/2021, 20:37 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan kegiatan dunia usaha masih tetap tumbuh positif pada kuartal III-2021 meski mengalami perlambatan.

Bank sentral mencatat, nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kegiatan usaha pada kuartal III-2021 sebesar 7,58 persen, melambat dibandingkan SBT 18,98 persen pada triwulan II-2021.

Namun, SBT periode Juli-September 2021 masih mengalami kenaikan jika dibandingkan SBT kuartal III tahun lalu yakni sebesar -5,97 persen.

"Perlambatan kinerja antara lain terjadi pada sektor pertambangan dan penggalian, sektor perdagangan, hotel dan restoran, serta kegiatan usaha sektor industri pengolahan di tengah kebijakan pembatasan mobilitas," ujar Kepala Grup Departemen Komunikasi BI, Muhamad Nur, dalam keterangannya, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Begini Cara Tukar Uang Rusak Dimakan Rayap ke Bank Indonesia

Sejalan dengan perkembangan kegiatan usaha, kapasitas produksi terpakai triwulan III-2021 tercatat sebesar 73,30 persen, lebih rendah dari capaian pada triwulan sebelumnya sebesar 75,33 persen.

"Penggunaan tenaga kerja juga diindikasikan turun lebih dalam dan masih dalam fase kontraksi," kata Nur.

"Sementara itu, kondisi keuangan dunia usaha dalam kondisi normal," tambah dia.

Pada triwulan IV-2021, responden memprakirakan kegiatan usaha cenderung stabil dengan SBT sebesar 7,46 persen.

Kinerja beberapa sektor utama diprakirakan meningkat, terutama sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, serta sektor pengangkutan dan komunikasi, didorong oleh pelonggaran kebijakan pembatasan mobilitas di sejumlah daerah.

Sementara itu, kinerja sektor pertanian, perkebunan, peternakan, kehutanan dan perikanan diprakirakan melambat sejalan dengan pola historis musim tanam, serta kinerja sektor pertambangan dan penggalian dan sektor konstruksi diprakirakan tertahan memasuki musim hujan pada triwulan IV-2021.

Baca juga: BI: Kinerja Sektor Manufaktur Triwulan III Terindikasi Menurun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com