Apa Itu Internship atau Magang dan Aturannya di Indonesia

Kompas.com - 14/10/2021, 13:13 WIB
Apa itu internship, internship adalah kerja singkat pada perusahaan. DOK. PEXELSApa itu internship, internship adalah kerja singkat pada perusahaan.

KOMPAS.com - Internship adalah istilah dalam dunia kerja yang sudah tak asing lagi. Di Indonesia, internship artinya bisa berarti magang. Apa itu internship?

Dikutip dari laman The Muse, internship adalah pengalaman kerja jangka pendek yang ditawarkan oleh perusahaan atau institusi lainnya untuk orang-orang yang biasanya ditujukan untuk mahasiswa atau pelajar di tingkat akhir. 

Idealnya, internsip adalah bekerja magang dengan mengerjakan pekerjaan yang sesuai dengan bidang belajarnya dan mempraktikan teori apa yang dipelajarinya di bangku sekolah atau kuliah.

Meski terkadang dalam praktiknya, pekerjaan yang diberikan selama internship juga sering kali tak berkaitan dengan bidangnya atau jurusannya. 

Baca juga: Apa Itu Merger Perusahaan: Definisi, Manfaat, jenis, dan Contohnya

Kebanyakan internship adalah biasanya dilakukan selama paling sedikit 3 bulan dan paling lama internship adalah setahun. 

Karena internship artinya bekerja dalam jangka pendek, maka siswa atau mahasiswa yang melakukan magang dibayar lebih rendah daripada karyawan pada umumnya. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan dalam beberapa kasus, mereka yang melakukan internship tidak dibayar oleh perusahaan sama sekali, karena hal ini menyangkut dengan kebijakan masing-masing perusahaan.

Internship adalah penting untuk pengalaman kerjaKOMPAS.com/Dok Humas Pemkab Purbalingga Internship adalah penting untuk pengalaman kerja

Banyak internship disalurkan oleh kampus, namun dimungkinkan juga proses magang melalui lamaran langsung ke perusahaan yang dituju.

Baca juga: Apa Itu Copywriting: Definisi, Tugas, Jenis, dan Contohnya

Manfaat internship adalah

Karena pentingnya manfaat internship, beberapa sekolah atau kampus bahkan mewajibkan magang sebagai salah satu syarat kelulusan. Berikut beberapa manfaat dari apa itu internship:

1. Praktik kerja

Manfaat internship adalah tentu mendapatkan keterampilan dan pengalaman dalam lingkungan kerja langsung. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.