Kompas.com - 14/10/2021, 17:09 WIB
Syarat dan cara daftar BPUM UMKM Rp 1,2 juta. KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOSyarat dan cara daftar BPUM UMKM Rp 1,2 juta.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Bidang Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satriya mengatakan, program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM merupakan salah satu program yang diharapkan mampu menjadi pendongkrak pertumbuhan ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

"Untuk itu dukungan dan bantuan seluruh stakeholder sangat diharapkan agar program BPUM 2021 berjalan secara akuntabel," ujarnya saat memberikan sambutan di acara monitoring BPUM 2021 di Bukit Tinggi, seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Kamis (14/10/2021).

"Dan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan bertahannya Usaha Mikro yang merupakan populasi usaha terbesar di Indonesia," sambung dia.

Baca juga: BLT UMKM Tahap 2 Sudah Disalurkan, Simak Cara Mencairkan BPUM 2021 Ini agar Tak Antre

Dia menjelaskan, saat ini perekonomian nasional sedang mengalami tantangan yang cukup serius karena meningkatnya angka kemiskinan.

Selain itu, jumlah pengangguran juga bertambah akibat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).  Dunia usaha terutama Koperasi dan UMKM juga mengalami dampak yang berat dari sisi produksi, pemasaran, dan pembiayaan.

Eddy megatakan BPUM 2021 terbagi menjadi 2 tahap yaitu tahap pertama telah terealisasi 100 persen dengan total anggaran sebesar Rp 11,76 triliun dan tahap kedua disalurkan hingga September 2021 dan telah terealisasi sebesar Rp 3,4 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sri Mulyani Bertemu Janet Yellen, Apa Saja yang Dibahas?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.