Airlangga Sebut Bantuan Tunai PKL dan Warung di NTB Paling Cepat dan Tepat Sasaran

Kompas.com - 14/10/2021, 20:27 WIB
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, meski sudah berpengalaman dalam bidang usaha, namun banyak pelaku UMKM yang saat ini masih belum berani berutang untuk mengembangkan usahannya. Dok. Diskominfo SumutMenteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, meski sudah berpengalaman dalam bidang usaha, namun banyak pelaku UMKM yang saat ini masih belum berani berutang untuk mengembangkan usahannya.
Penulis Yoga Sukmana
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut bantuan tunai untuk pedagang kaki lima (PKL) dan warung di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), paling cepat dan tepat sasaran.

Hal itu disampaikan Airlangga saat menyalurkan bantuan Bantuan Tunai untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW) kepada beberapa perwakilan pedagang yang ada di Kota Mataram, NTB, Kamis (14/10/2021).

"Di sini 100 persen (bantuan PKL dan warung) sudah disalurkan dan menjadi yang terbaik di Indonesia. Kegiatan ini sudah dicek Presiden, cepat sekali, dan tepat sasaran,” kata dia seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Jakarta, Kamis.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Airlangga juga menyaksikan simulasi pendataan BT-PKLW oleh personel TNI atau Polri dan menyalurkan bantuan kepada 5 perwakilan penerima secara simbolis.

Baca juga: Menko Airlangga Sebut 240.000 PKL dan Warung Sudah Terima BLT-PKLW

Ia juga berkeliling menyapa para PKL dan pemilik warung yang tempat berdagangnya berada di sekitar taman Taman Sangkareang, Mataram. 

“Saya mengapresiasi dan berharap penyaluran bantuan BT-PKLW, terutama di Provinsi NTB ini, dapat berjalan lancar dan benar-benar dapat membantu para PKL dan PW untuk menjaga usahanya yang terdampak penerapan PPKM," kata Airlangga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Per 14 Oktober 2021 kata Airlangga, jumlah bantuan PKL dan warung yang telah tersalurkan di seluruh Indonesia sekitar 240.000 atau 24 persen dari total target penyaluran.

Mekanisme penyaluran bantuan PKL dan warung yaitu Petugas Polri dan TNI terjun langsung untuk mendata dan melakukan verifikasi PKL dan pedagang warung yang berhak menerima bantuan BT-PKLW.

Calon Penerima yang telah terdata dan terverifikasi itu akan menerima undangan pengambilan bantuan di Kantor Polres atau Kodim setempat.

Adapun BT-PKLW merupakan salah satu bantuan tunai yang termasuk dalam Klaster Perlindungan Sosial (Perlinsos) di Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Baca juga: Ubah Sistem Penarikan PNBP, KKP: Nanti Baliknya Buat Nelayan Juga

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.