Ada Tax Amnesty, Kadin: Peluang Partisipasi Pebisnis Sangat Besar

Kompas.com - 15/10/2021, 07:11 WIB
Petugas melayani warga yang mengikuti program pengampunan pajak (Tax Amnesty) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat, 30/9/2016. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGPetugas melayani warga yang mengikuti program pengampunan pajak (Tax Amnesty) di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat, 30/9/2016.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan kembali menggelar program pengungkapan sukarela (PPS) alias program pengampunan pajak (tax amnesty) terhadap harta yang belum diambil pajaknya mulai 1 Januari 2022.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan, peluang meningkatkan kepatuhan wajib pajak termasuk pengusaha masih sangat besar.

"Seiring kepercayaan yang semakin baik kepada pemerintah serta konsistensi penerapan tax amnesty sebelumnya oleh Kementerian Keuangan, maka peluang partisipasi pebisnis dalam kebijakan terbaru ini akan sangat besar," kata Arsjad Rasjid saat dihubungi Kompas.com, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: Tax Amnesty Jilid 2, Pengusaha: Kami Butuh Tata Cara dan Hitung-hitungannya...

Arsjad menekankan, besar atau kecilnya partisipasi bergantung pada sosialisasi tax amnesty.

Bila melihat dari pelaksanaan tax amnesty jilid I tahun 2016 lalu, banyak dari para pelaku usaha yang belum berpartisipasi karena kurang pemahaman dan pengetahuan.

Dia berharap para pengusaha maupun masyarakat memahami betul program dan mekanisme tax amnesty sebelum mengikuti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lagi-lagi, sosialisasi menjadi kunci penting.

"Karenanya perlu kerja sama erat semua pihak dalam sosialisasi tax amnesty jilid II ini," ucap Arsjad.

Baca juga: Mengenal Arti Tax Amnesty dan Tujuannya

Kadin berupaya membantu pemerintah mengingatkan pengusaha para wajib pajak terkait pentingnya pengungkapan harta dalam program tax amnesty tahun 2022.

Dia berharap, hadirnya program tax amnesty tahun depan bisa dimanfaatkan seluruh pihak, terutama pengusaha yang belum mendeklarasikan harta

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.