Diduga Bisa Langgar Privasi, Ini Cara Menonaktifkan Fitur Shopee Friends

Kompas.com - 15/10/2021, 14:02 WIB
cuit salah satu pengguna Twitter @efify, dikutip Kompas.com, Jumat (15/10/2021). ( Tangkapan Layar Twittercuit salah satu pengguna Twitter @efify, dikutip Kompas.com, Jumat (15/10/2021). (

JAKARTA, KOMPAS.com - Di media sosial Twitter baru-baru ini heboh terkait fitur terbaru yang dimiliki perusahaan e-commerce Shopee yaitu Shopee Friends.

Kehebohan ini dimulai dari salah satu pengguna Twitter @efify yang menilai bahwa fitur ini bisa melanggar privasi lantaran tahu akvtivitas belanja teman.

"Buat temen-temen pengguna @ShopeeID yang emang belum tahu atau gak nyadar, coba cek pengaturan privasinya deh. Pas buka chat, aneh ada tab baru aktivitas temen. Pas gue buka, isinya barang yang dibelanjain temen gue dan dia review barang apa aja. Ngeri njir," cuit @efify dalam media sosial Twitternya, dikutip Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Harbolnas 10.10, Ini Promo yang Ditawarkan Shopee hingga Lazada

"Yaaa bayangin aja Lo beli barang apapun di Shopee, temen yang saling save kontak bisa tau Lo belanja dan riview barang apa aja. Kalo orangnya ga ngeh, privasi belanja nya bisa dibaca temen-temennya. Buset dah. Tadi gue sempet liat temen gue belanja apaan aja. Padahal dia gak aktif socmed apapun. Kan ga mungkin dia niat ngumbar. Semacam pelanggaran privasi itu mah. Njirrrr~," sambungya.

Lalu bagaimana cara Menonaktifkan fitur ini?

Mengutip dari media sosial resmi Twitter @ShopeeID, berikut adalah cara menonaktifkan fitur Shopee Friends:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Ketuk “Pengaturan Akun”

2. Setelah masuk ke “Pengaturan Akun”, pilih “Pengaturan Privasi”

3. Setelah masuk ke “Pengaturan Privasi”, pilih “Sembunyikan aktivitas saya” untuk beberapa aktivitas yang Anda ingin sembunyikan.

Baca juga: Rincian Biaya Cicilan, Bunga, dan Denda Shopee PayLater

Kemudian dijelaskan pula bahwa fitur ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan retensi pembeli dengan mengembangkan interaksi sesama pengguna Shopee.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.