Apa Itu IMF: Pengertian, Sejarah, dan Tujuan Pembentukan

Kompas.com - 15/10/2021, 15:10 WIB
IMF shutterstock.comIMF
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - IMF adalah singkatan dari International Monetary Fund atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Dana Moneter Internasional.

Sebagai sebuah lembaga keuangan internasional, IMF adalah organisasi yang menyediakan bantuan keuangan berupa pinjaman serta masukan kepada negara anggotanya.

Secara lebih lanjut, artikel ini akan membahas mengenai pengertian IMF, sejarah IMF, tujuan, dan fungsinya dalam sistem keuangan dunia.

Pengertian IMF

Pada dasarnya, IMF adalah lembaga yang menjadi bagian dari sistem Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). Hubungan IMF dengan PBB bersifat kesepakatan, sehingga setiap kebijakan IMF pun bersifat independen dan tidak ada campur tangan dari PBB.

Dilansir dari laman resmi IMF, saat ini jumlah negara di dunia yang menjadi anggota organisasi tersebut ada sebanyak 190 negara.

Baca juga: Bank Dunia: Pengertian, Sejarah, dan Kritik

Setiap negara di dunia bisa menjadi anggota atau bagian dari IMF asal memiliki kebijakan luar negeri dan menerima anggaran dasar organisasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

IMF adalah lembaga yang bertanggung jawab untuk membuat dan menjaga sistem moneter internasional. Artinya, IMF bertanggung jawab atas setiap transaksi internasional yang terjadi antar negara.

Lembaga tersebut menyediakan mekanisme yang sistematis untuk transaksi antar nilai tukar atau foreign exchange. Hal itu ditujukan untuk mendorong investasi dan mempromosikan perdagangan ekonomi global yang seimbang.

Dilansir dari Investopedia, untuk mencapai tujuan tersebut, IMF pun memberikan masukan terkait dengan kebijakan makroekonomi di sebuah negara. Di mana kebijakan tersebut bakal berpengaruh terhadap nilai tukar, anggaran negara, nilai uang, serta manajemen kredit.

Selain itu, IMF juga akan menilai sektor keuangan dan regulasi dari sebuah negara, juga kebijakan struktural dalam sekonomi makro yang terkait dengan pasar tenaga kerja dan lapangan kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.