Pemerintah Targetkan Produksi Mobil Listrik Capai 600.000 Unit di 2030

Kompas.com - 15/10/2021, 16:34 WIB
Ilustrasi kendaraan listrik stanlyIlustrasi kendaraan listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah menargetkan produksi kendaraan listrik baterai (BEV) pada 2030 buatan dalam negeri bisa mencapai 600.000 unit untuk roda empat dan 2,45 juta unit untuk roda dua.

"Produksi kendaraan listrik diharapkan mampu menurunkan kadar emisi Karbondioksida sebesar 2,7 juta ton untuk roda 4 atau lebih dan sebesar 1,1 juta ton untuk roda dua," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Jumat (15/10/2021).

Menperin berpendapat, masa depan kendaraan listrik dengan bahan baku baterai tak bergantung pada bahan baku nikel, cobalt, dan mangan seperti Lithium Sulfur dan Lithium Fero Fosfor.

Baca juga: Ini 3 Skema Bisnis Pengisian Daya Kendaraan Listrik

Oleh sebab itu kata Menperin, harus ada inovasi yang membuat baterai menjadi lebih murah, termasuk inovasi solid baterai dan pengembangan hidrogen.

Agar ekosistem kendaraan listrik baterai ini bisa berjalan dengan semestinya, hal itu memerlukan keterlibatan para pemangku kepentingan yang terkait baik dari produsen, produsen baterai, pilot project hingga infrastruktur.

Menperin juga berpesan agar industri baterai di Indonesia harus bersiap dalam menghadapi inovasi-inovasi industri baterai global yang sedang berjalan saat ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Industri baterai Indonesia harus mampu mengantisipasi perkembangan inovasi baterai ke depan dengan berdampak pada harga lebih murah, energi lebih tinggi, dan waktu pengisian lebih singkat," ungkap Menperin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.