OJK Resmikan KUR Klaster Pertanian Serai Wangi di Minahasa

Kompas.com - 15/10/2021, 17:34 WIB
OJK resmikan KUR klaster pertanian serai wangi di Minahasa, Sulut. Dok. OJKOJK resmikan KUR klaster pertanian serai wangi di Minahasa, Sulut.

MANADO, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) mendorong peningkatan akses keuangan masyarakat di daerah.

Salah satunya melalui pemberian kredit usaha rakyat (KUR) klaster pertanian dengan suku bunga rendah dan proses cepat.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan, pengembangan sektor pertanian masih memerlukan dukungan dari berbagai pihak khususnya tidak hanya terkait pembiayaan, namun juga mengenai pendampingan, pemasaran termasuk juga pengemasan produk hingga produk siap ekspor.

Baca juga: OJK Minta Pinjol Legal Beri Bunga yang Lebih Murah ke Nasabah

 "Untuk itu, OJK bersama dengan pemerintah daerah setempat, industri keuangan dan juga stakeholder lainnya mendukung dan terus memperluas akses keuangan melalui pengembangan penyaluran KUR berbasis kluster di berbagai daerah di Indonesia," kata Wimboh dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

Peluncuran pembiayaan KUR Bohusami Bakobong Klaster Pertanian Serai Wangi dilakukan di Desa Panasen, Kecamatan Kakas, Kabupaten Minahasa, pada Kamis (14/10/2021).

Menurut Wimboh, sektor pertanian masih menjadi salah satu kontributor utama produk domestik regional bruto (PDRB) yang mencapai 19,86 persen dari total PDRB Sulawesi Utara dengan salah satu komoditas pertanian terbesar adalah minyak nabati.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Data per September 2021, realisasi KUR di Provinsi Sulawesi Utara tercatat sebesar Rp 1,548 triliun (70,76 persen dari target) telah berhasil disalurkan.

Untuk penyaluran KUR ke sektor pertanian tercatat sebesar Rp282 miliar (18,21 persen dari total penyaluran pembiayaan KUR Provinsi Sulawesi Utara) dan telah disalurkan kepada lebih dari 10.000 debitur.

Baca juga: Berapa Bunga KUR di BRI, BNI, BTN, dan Mandiri?

KUR klaster tanaman serai wangi menjadi salah satu program kerja TPAKD Provinsi Sulawesi Utara karena memiliki prospek penjualan bagus yang bisa dijadikan berbagai produk turunan berupa bahan baku minyak wangi, sabun, dan shampo.

Selain itu, sisa fermentasi serai wangi yang telah diolah dapat dijadikan pakan ternak, dan ini juga mendukung perekonomian hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.