Tiga Cara Ganti Kartu ATM BCA dari Strip Magnetik ke Chip

Kompas.com - 15/10/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi BCA. SHUTTERSTOCKIlustrasi BCA.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kartu ATM BCA berbasis strip magnetik tak akan bisa lagi digunakan untuk melakukan transaksi keuangan mulai 1 Desember 2021 mendatang. Untuk itu, BCA meminta para nasabahnya yang masih menggunakan jenis kartu tersebut menukarnya dengan kartu ATM BCA berbasis chip.

Cara ganti kartu ATM BCA dari strip magnetik ke chip pun terbilang cukup mudah. Ada tiga cara yang bisa ditempuh nasabah untuk mengganti kartu ATM BCA-nya.

Berikut tiga cara ganti kartu ATM BCA dari strip magnetik ke chip berdasarkan laman bca.co.id:

Baca juga: Catat, BCA Blokir Kartu ATM Magnetik Mulai 1 Desember 2021

Cara Ganti Kartu ATM BCA dari Strip Magnetik ke Chip

  • Datang ke Kantor Cabang BCA Terdekat

Penggantian ke Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BCA di seluruh Indonesia.

  • Lewat Layanan CS Digital BCA
  1. Kunjungi mesin layanan CS Digital yang ada di kantor cabang BCA
  2. Sentuh layar CS Digital
  3. Pilih menu kartu, kemudian cetak kartu
  4. Tap KTP elektronik
  5. Verifikasi sidik jari
  6. Input nomor rekening
  7. Pilih kartu instan
  8. Aktivasi PIN
  9. Mesin kemudian akan mengeluarkan kartu baru.
  • Hubungi Halo BCA

Informasi lebih lanjut terkait Syarat dan Ketentuan penggantian Kartu Debit Non Chip ke Kartu Debit Chip dapat menelepon Halo BCA di nomor 1500888.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mau Ganti Kartu ATM BCA lewat Mesin CS Digital? Ini Caranya

Alasan Mengapa Harus Ganti Kartu ATM BCA Berbasis Chip

  • Banyak benefitnya

Jika kamu beralih ke Kartu Debit BCA berteknologi chip, misalnya ke Kartu Debit Chip BCA Mastercard, maka kamu tidak hanya bisa melakukan transaksi di ATM dan mesin EDC. Kamu juga bisa melakukan transaksi debit online, dengan cara mengaktifkan fiturnya lewat BCA mobile. Kamu bisa bayar belanja online, berlangganan streaming musik/film, sampai beli voucher game di berbagai platform yang menyediakan pembayaran dengan Mastercard.

  • Mendukung kebijakan Bank Indonesia

Sejak 2015 Bank Indonesia sudah mencanangkan implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan penggunaan 6 Digit PIN untuk kartu ATM /Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

  • Mengurangi Risiko Kejahatan Kartu

Kartu Debit Non Chip yang menggunakan tekonologi magnetic strip secara teknologi lebih mudah di-copy. Karena itu, risiko pencurian data lewat magnetic strip pada kartu atau skimming lebih besar, dibandingkan Kartu Debit Chip yang secara teknologi lebih maju dan aman.

Sebagai informasi, penggantian atau penukaran kartu ATM BCA dari strip magnetik ke chip ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Untuk itu para nasabah diminta segera melakukan pergantian kartu tersebut.

Baca juga: Cara Daftar Kartu Kredit BCA Online, Syarat, dan Jenisnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.