Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Bantu TKM di Papua, Kemenaker Serahkan Rp 40 Juta untuk Setiap Kelompok Usaha

Kompas.com - 15/10/2021, 19:44 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Direktur Bina Perluasan dan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) I Nyoman Darmanta mengatakan, Covid-19 berdampak besar terhadap banyak aspek kehidupan masyarakat, salah satunya sektor industri dan tenaga kerja.

Untuk itu, Kemenaker menyerahkan paket bantuan bagi puluhan kelompok usaha wilayah Papua dan Papua Barat, di Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di Mersik Telaga Maya, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Adapun paket bantuan yang diserahkan berupa uang senilai Rp 40 juta untuk setiap kelompok. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha mengatasi dampak pandemi.

Darmanta menyebutkan, Kemenaker saat ini bahkan tengah melakukan perluasan kesempatan kerja untuk banyak pihak.

Baca juga: 2 Cara Kemenaker Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

"Beberapa programnya, antara lain TKM, tenaga kerja sukarela (TKS), hingga padat karya," terang dia melalui keterangan tertulis resminya, Jumat.

Lebih lanjut, Darmanta menyebutkan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap bantuan pemerintah tersebut dapat membuat masyarakat di Papua bertahan melewati pandemi Covid-19.

"Kemenaker juga berharap para penerima manfaat dapat memperluas kesempatan kerja, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," harapnya.

Sebagai informasi, Expo TKM diikuti secara simbolik oleh 20 kelompok usaha. Mereka menampilkan produk atau usaha yang berhasil diwujudkan melalui bantuan program TKM 2020 yang diterima.

Baca juga: Kemenaker Ajak Buruh dan Pengusaha Bahas Perluasan BSU, JHT, dan Pengupahan

Kelompok tersebut terdiri dari berbagai jenis usaha, di antaranya reseller kayu olahan, peternakan dan pengolahan ikan lele, sablon pakaian, aneka makanan, hingga pakaian jadi.

Pada kesempatan itu, Ida bahkan sempat melihat-lihat berbagai usaha masyarakat Papua yang dipamerkan.

Selain itu, Expo TKM itu juga menjadi sarana interaksi masyarakat dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mendapatkan saran, masukan, serta dukungan dalam menyukseskan program perluasan kesempatan kerja di lingkungan Kemenaker.

Kegiatan tersebut juga untuk mengukur tingkat keberhasilan dan menemukan hambatan dalam pelaksanaan program perluasan kesempatan kerja.

Pada 2020, Kemenaker menyerahkan bantuan sebanyak 61 paket bagi TKM Pemula, dengan rincian Jayapura sebanyak 19 paket, Kota Jayapura 17 paket, Mappi 14 paket, Merauke 10 paket, dan Sarmi satu paket.

Baca juga: Kemenaker: Puncak Bonus Demografi Angkatan Kerja Bakal Diisi Generasi Muda

Bantuan untuk TKM Lanjutan pada 2021 diberikan sebanyak 25 paket dan TKM Pemula atau Mikro sebanyak 11 paket, sehingga totalnya 36 paket.

Rinciannya adalah Jayapura 12 paket, Kabupaten Keerom satu paket, Kabupaten Merauke tiga paket, Kabupaten Sorong empat paket, Kabupaten Jayapura tiga paket, dan Kota Sorong dua paket.

Sementara itu, TKM Pemula Jayapura mendapatkan bantuan sebanyak sembilan paket dan Sorong satu paket.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com