KILAS

Bantu TKM di Papua, Kemenaker Serahkan Rp 40 Juta untuk Setiap Kelompok Usaha

Kompas.com - 15/10/2021, 19:44 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam acara Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di Mersik Telaga Maya, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021). DOK. Humas KemenakerMenteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam acara Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di Mersik Telaga Maya, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

KOMPAS.com – Direktur Bina Perluasan dan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) I Nyoman Darmanta mengatakan, Covid-19 berdampak besar terhadap banyak aspek kehidupan masyarakat, salah satunya sektor industri dan tenaga kerja.

Untuk itu, Kemenaker menyerahkan paket bantuan bagi puluhan kelompok usaha wilayah Papua dan Papua Barat, di Expo Tenaga Kerja Mandiri (TKM) di Mersik Telaga Maya, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (15/10/2021).

Adapun paket bantuan yang diserahkan berupa uang senilai Rp 40 juta untuk setiap kelompok. Bantuan ini diharapkan dapat membantu para pelaku usaha mengatasi dampak pandemi.

Darmanta menyebutkan, Kemenaker saat ini bahkan tengah melakukan perluasan kesempatan kerja untuk banyak pihak.

Baca juga: 2 Cara Kemenaker Turunkan Angka Kemiskinan Ekstrem

"Beberapa programnya, antara lain TKM, tenaga kerja sukarela (TKS), hingga padat karya," terang dia melalui keterangan tertulis resminya, Jumat.

Lebih lanjut, Darmanta menyebutkan, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berharap bantuan pemerintah tersebut dapat membuat masyarakat di Papua bertahan melewati pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemenaker juga berharap para penerima manfaat dapat memperluas kesempatan kerja, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," harapnya.

Sebagai informasi, Expo TKM diikuti secara simbolik oleh 20 kelompok usaha. Mereka menampilkan produk atau usaha yang berhasil diwujudkan melalui bantuan program TKM 2020 yang diterima.

Baca juga: Kemenaker Ajak Buruh dan Pengusaha Bahas Perluasan BSU, JHT, dan Pengupahan

Kelompok tersebut terdiri dari berbagai jenis usaha, di antaranya reseller kayu olahan, peternakan dan pengolahan ikan lele, sablon pakaian, aneka makanan, hingga pakaian jadi.

Pada kesempatan itu, Ida bahkan sempat melihat-lihat berbagai usaha masyarakat Papua yang dipamerkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.