BPS: Ada Geliat Ekonomi karena Permintaan Dalam Negeri Meningkat

Kompas.com - 15/10/2021, 22:00 WIB
Ilustrasi impor, Pengertian perdagangan internasional, salah satu hambatan dalam perdagangan internasional adalah, dampak positif dari perdagangan internasional adalah, perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam, manfaat perdagangan internasional. SHUTTERSTOCKIlustrasi impor, Pengertian perdagangan internasional, salah satu hambatan dalam perdagangan internasional adalah, dampak positif dari perdagangan internasional adalah, perdagangan internasional muncul akibat adanya kesamaan dalam, manfaat perdagangan internasional.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, nilai impor pada September 2021 sebesar 16,23 miliar dollar AS. Bila dibandingkan dengan capaian pada September 2020, nilai impor pada bulan laporan meroket 40,31 persen yoy (secara tahunan).

Kepala BPS Margo Yuwono kemudian mengungkapkan, peningkatan impor bila dibandingkan dengan laporan tahun lalu menunjukkan sudah adanya geliat perekonomian yang nyata

“Ada geliat ekonomi, karena permintaan dalam negeri meningkat. Ini bahkan tercermin dari peningkatan impor konsumsi, impor barang modal, dan impor bahan baku,” ujar Margo, Jumat (15/10/2021) via video conference.

Baca juga: Menhub: Aturan Soal Bandara Perairan di Indonesia Masih Sangat Minimalis

Margo kemudian memerinci, bila melihat penggunaan barang, impor barang konsumsi tercatat 1,79 miliar dollar AS atau naik tinggi 59,66 persen yoy.

Sedangkan impor bahan baku atau penolong tercatat 12,09 miliar dollar AS atau naik 45,46 persen yoy. Pun impor barang modal tercatat 2,35 miliar atau naik 10,07 persen yoy.

Hanya saja,bila dibandingkan dengan Agustus 2021, nilai ini turun 2,67 persen mtm (secara bulanan). Penurunan impor secara bulanan ini juga diikuti oleh penurunan baik impor minyak dan gas (migas) sebesar 8,90 persen mtm dan juga impor non migas turun 1,80 persen mtm. (Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menteri ESDM Minta Pertamina Jaga Produksi Migas Blok Rokan

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Nilai impor Indonesia meroket, BPS: Ada geliat perekonomian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.