Kompas.com - 16/10/2021, 08:15 WIB
Pengumuman nilai SKD CPNS 2021 atau hasil SKD CPNS 2021 (tes SKD CPNS 2021) bisa dilihat secara online lewat live score SKD CPNS 2021. DOK RICKYPengumuman nilai SKD CPNS 2021 atau hasil SKD CPNS 2021 (tes SKD CPNS 2021) bisa dilihat secara online lewat live score SKD CPNS 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemanpan-RB) mengungkapkan ciri-ciri calo yang menjanjikan kelulusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Kepala Biro SDM dan Umum Kemenpan-RB Sri Rejeki Nawangsasih menyebutkan  beberapa ciri-ciri calo yang harus dikenali dan diwaspadai peserta CPNS.

"Pertama, biasanya calo berusaha mendekati kita, bersikap mengenal, dan berada di sekeliling kita. Di tahap ini mereka sedang melakukan pendekatan," ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (16/10/2021).

Tak jarang, para calo tersebut berada di sekitar kantor instansi yang membuka rekrutmen CPNS. Bahkan, para calo kerap mengikuti cara berpakaian para pegawai di instansi tersebut.

Baca juga: Menkominfo: Tidak Ada Kompromi untuk Pinjol Ilegal

"Mereka bisa saja menyerupai pegawai Kementerian PANRB, baik dari segi pakaian seperti batik atau bahkan mengikuti seragam kami (PNS). Ini yang harus benar-benar diwaspadai oleh masyarakat dan para generasi muda yang ingin jadi PNS," ujarnya.

Ciri-cici selanjutnya yaitu para calo CPNS tersebut juga akan memberi nomor telepon sekaligus menginformasikan bahwa mereka bisa membantu untuk meluluskan peserta menjadi CPNS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar lebih meyakinkan calon korban, para calo tersebut juga akan menyatakan kedekatannya dengan pejabat instansi terkait, terutama dengan pejabat di Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai pelaksana teknis seleksi.

Sri mengingatkan peserta CPNS agar jangan percaya dengan janji-janji calo CPNS. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa pelaksanaan seleksi CPNS tidak dipungut biaya, sehingga jika ada yang meminta imbalan untuk bisa jadi PNS, masyarakat patut curiga.

Baca juga: BKN: 1,7 Juta Peserta Ikut Tes SKD CPNS 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.