Kompas.com - 16/10/2021, 11:31 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Kemenparekraf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Penulis Kiki Safitri
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah telah membuka penerbangan internasional ke Bandara Ngurah Rai Denpasar, Bali untuk kunjungan wisatawan mancanegara sejak Kamis (14/10/2021).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan, pembukaan Bali dalam tahapan uji coba ini diharapkan mampu mendorong pemulihan pariwisata tanah air, serta membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Bali siap bangkit? siap menjadi bagian dari pemulihan pariwisata dunia? Semoga dengan dibukanya penerbangan internasional bagi wisatawan mancanegara, dapat menjadi titik balik dalam pemulihan lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali,” kata Sandiaga di Instagram pribadinya, Sabtu (16/10/2021).

Baca juga: Kenapa Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dijuluki Proyek Nanggung?

Adapun 19 negara yang mendapatkan izin melakukan perjalanan menuju Bali mencakup Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, Italia, Perancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia.

Tentunya pembukaan ini dengan syarat dan ketentuan yang ketat, dibuka hanya bagi wisatawan dari 19 negara yang dipilih sesuai standar WHO, dengan angka positivity rate kasus Covid-19 yang rendah,” tulis Sandiaga.

Ia mengungkapkan, uji coba pembukaan destinasi wisata di beberapa tempat terbukti cukup menggembirakan, karena dapat menggeliatkan kembali sentra-sentra ekonomi dan lapangan kerja bagi masyarakat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun jangan sampai lengah ya guys! Tetap patuh, serta disiplin dalam penerapan protokol kesehatan, sehingga sektor pariwisata dan ekonomi kreatif nasional dapat bangkit dan pulih kembali,” imbau mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Baca juga: Turis Asing yang Masuk Bali dan Kepri Harus Punya Asuransi Kesehatan Senilai Rp 1 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.