Kereta Api Angkutan Semen Bermuatan 400 Ton Per Hari Resmi Diluncurkan

Kompas.com - 16/10/2021, 11:31 WIB
KAI dan Semen Indonesia Group meluncurkan KA Angkutan Semen. PT KAIKAI dan Semen Indonesia Group meluncurkan KA Angkutan Semen.


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggandeng PT Semen Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan kereta api (KA) Barang Angkutan Semen.

KA Angkutan Semen relasi Babat-Jakarta Gudang ini akan melayani volume 400 ton/ hari terdiri dari 10 gerbong datar dengan jarak sejauh 770,5 km dan waktu tempuh sekitar 14 jam.

Peluncuran KA Angkutan Semen berlangsung pada Jumat (15/10/2021) ditandai dengan perjalanan perdana yang mengangkut 280 ton semen atau setara dengan 7 gerbong datar.

Baca juga: Penumpang Melonjak, KAI Commuter Ingatkan Syarat Perjalanan Naik KRL

Peresmian dan pemberangkatan perdana kereta angkutan semen tersebut dilakukan oleh Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah, Plt Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah dan Direktur Utama PT Semen Gresik Subhan di Stasiun Babat Kabupaten Lamongan.

"KAI mengucapkan terima kasih kepada Semen Indonesia Group yang telah memilih kereta api untuk distribusi semennya,” ujar Direktur Niaga KAI Dadan Rudiansyah dalam keterangan resmi, Sabtu (16/10/2021).

“Layanan kereta api ini diharapkan dapat memberikan kemudahan Semen Indonesia Group dalam mengelola rantai logistik secara efisien," sambung Dadan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, distribusi barang dengan kereta api selalu mengutamakan keamanan, keselamatan, dan ketepatan waktu. Selain itu, angkutan barang dengan kereta api juga ramah lingkungan karena satu rangkaiannya bisa mengangkut barang dalam jumlah yang banyak.

Baca juga: KAI Luncurkan KA Airlangga Rute Jakarta-Surabaya dengan Tarif Subsidi

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat juga mendorong para pelaku usaha lainnya untuk dapat mengalihkan angkutannya ke angkutan kereta api yang memiliki berbagai keunggulan.

"Semoga semangat sinergi BUMN serta kolaborasi ini dapat terus digaungkan dan terus terjalin di berbagai wilayah KAI Group dan Semen Indonesia Group lainnya," tandas Dadan.

Dalam kerangka kerja sama sinergis antar BUMN Ini, KAI juga turut melibatkan anak usahanya, KAI Logistik untuk mengelola kegiatan logistik mulai dari kegiatan distribusi, hingga kegiatan pra purna penunjang.

Kegiatan itu seperti layanan trucking untuk penjemputan muatan dari plant hingga ke stasiun muat, kegiatan bongkar muat baik dari truk ke KA atau sebaliknya hingga jasa pergudangan untuk penyimpanan muatan semen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.