Apa Itu Kebutuhan Sekunder: Definisi, Sifat, dan Contohnya

Kompas.com - 16/10/2021, 14:46 WIB
Contoh kebutuhan sekunder adalah toko elektronik. Apa itu kebutuhan sekunder? DEAN PAHREVI/KOMPAS.comContoh kebutuhan sekunder adalah toko elektronik. Apa itu kebutuhan sekunder?

KOMPAS.com - Kebutuhan sekunder adalah salah satu dari 3 jenis kebutuhan manusia. Dua kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekunder adalah kebutuhan primer dan tersier. Lalu apa itu kebutuhan sekunder?

Sebagai informasi, kehidupan manusia tak bisa dilepaskan dari berbagai macam kebutuhan. Kebutuhan sendiri diartikan sebagai keinginan terhadap suatu barang yang apabila tidak dipenuhi, bisa mempengaruhi kelangsungan hidup.

Seperti saat manusia lapar, tentu harus membutuhkan makanan. Makanan di sini adalah masuk kategori kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. 

Kebutuhan sekunder adalah

Dikutip dari The Law Dictionary, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tingkatannya berada di bawah kebutuhan pokok. Contoh dari kebutuhan sekunder adalah aktivitas hiburan. 

Sementara itu apabila merujuk pada laman The Definition, kebutuhan sekunder adalah keinginan yang menjadi penting ketika kebutuhan primer sudah bisa terpenuhi.

Baca juga: Apa Itu Kapal RORO dan Bedanya dengan Kapal Ferry?

Sederhananya, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup. Kebutuhan sekunder berupa penunjang hidup. Kebutuhan ini bisa ditunda pemenuhannya setelah kebutuhan primer dipenuhi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kebutuhan sekunder ini berbeda dengan kebutuhan primer yang apabila tidak dipenuhi, bisa berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia. Sementara kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang masih ditunda. 

Tidak terpenuhinnya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup. Itu sebabnya, kebutuhan sekunder adalah pelengkap dari kebutuhan primer. Namun, tentu saja kebutuhan sekunder setiap orang berbeda-beda.

Gaya hidup manusia merupakan salah satu hal kebutuhan sekunder. Kemampuan ekonomi individual juga membedakan kebutuhan sekunder ini. 

Baca juga: Apa Itu Marketplace dan Bedanya dengan Toko Online Maupun E-Commerce?

Kebutuhan ini juga penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Sebagai manusia yang memiliki budaya dan hidup di dalam masyarakat, sangat diperlukan berbagai hal yang lebih baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.