Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kebutuhan Sekunder: Definisi, Sifat, dan Contohnya

Kompas.com - 16/10/2021, 14:46 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kebutuhan sekunder adalah salah satu dari 3 jenis kebutuhan manusia. Dua kebutuhan lainnya selain kebutuhan sekunder adalah kebutuhan primer dan tersier. Lalu apa itu kebutuhan sekunder?

Sebagai informasi, kehidupan manusia tak bisa dilepaskan dari berbagai macam kebutuhan. Kebutuhan sendiri diartikan sebagai keinginan terhadap suatu barang yang apabila tidak dipenuhi, bisa mempengaruhi kelangsungan hidup.

Seperti saat manusia lapar, tentu harus membutuhkan makanan. Makanan di sini adalah masuk kategori kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. 

Kebutuhan sekunder adalah

Dikutip dari The Law Dictionary, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang tingkatannya berada di bawah kebutuhan pokok. Contoh dari kebutuhan sekunder adalah aktivitas hiburan. 

Sementara itu apabila merujuk pada laman The Definition, kebutuhan sekunder adalah keinginan yang menjadi penting ketika kebutuhan primer sudah bisa terpenuhi.

Baca juga: Apa Itu Kapal RORO dan Bedanya dengan Kapal Ferry?

Sederhananya, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berkaitan dengan usaha menciptakan atau menambah kebahagiaan hidup. Kebutuhan sekunder berupa penunjang hidup. Kebutuhan ini bisa ditunda pemenuhannya setelah kebutuhan primer dipenuhi.

Kebutuhan sekunder ini berbeda dengan kebutuhan primer yang apabila tidak dipenuhi, bisa berpengaruh pada kelangsungan hidup manusia. Sementara kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang masih ditunda. 

Tidak terpenuhinnya kebutuhan ini tidak mengganggu kelangsungan hidup. Itu sebabnya, kebutuhan sekunder adalah pelengkap dari kebutuhan primer. Namun, tentu saja kebutuhan sekunder setiap orang berbeda-beda.

Gaya hidup manusia merupakan salah satu hal kebutuhan sekunder. Kemampuan ekonomi individual juga membedakan kebutuhan sekunder ini. 

Baca juga: Apa Itu Marketplace dan Bedanya dengan Toko Online Maupun E-Commerce?

Kebutuhan ini juga penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Sebagai manusia yang memiliki budaya dan hidup di dalam masyarakat, sangat diperlukan berbagai hal yang lebih baik mengenai mutu, jumlah, dan jenisnya.

Kata kebutuhan sekunder adalah berasal dari bahasa latin yaitu secundus yang memiliki arti kedua.  

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan pokok, contohnya handphoneDOK KPU BC TYPE B BATAM Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan setelah kebutuhan pokok, contohnya handphone

Misalnya ada seseorang yang telah membangun rumah dengan desain yang bagus otomatis akan membutuhkan perabotan yang bagus juga untuk mengisi rumahnya, seperti sofa, kulkas, lemari, alat-alat dapur yang berkualitas, dan perabotan yang lain.

Dengan kata lain, tempat tinggal adalah kebutuhan pokok, sementara isi perabotannya adalah kebutuhan sekunder. 

Baca juga: Apa Itu Internship atau Magang dan Aturannya di Indonesia

Ciri kebutuhan sekunder

Berikut ini sifat-sifat dari kebutuhan sekunder:

1. Tidak bersifat mendesak 

Sifat utama dari kebutuhan sekunder adalah tidak mendesa alias bisa ditunda. Kebutuhan ini bisa dipenuhi kapan saja tanpa menganggu kelangsungan hidup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com