Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/10/2021, 20:01 WIB
Yoga Sukmana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja bukan sekadar menjalankan kewajiban. Bekerja juga harus dari hati, konsisten, dan dilakukan secara profesional.

Siapapun orang yang bekerja dengan giat, gigih, dan penuh dedikasi, serta komitmen, dijamin bakal mereguk sukses. Sebaliknya, orang yang kurang konsisten jauh dari kata berhasil.

Sebagai contoh, konsisten datang ke kantor lebih pagi, konsisten menulis dua artikel dalam sehari, konsisten menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan lainnya.

Artinya, seberat apapun tantangan pekerjaan di kantor, kamu konsisten melakukan apa yang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab. Tidak berubah-ubah, bahkan tidak mudah menyerah.

Menemukan orang yang konsisten di kantor cukup sulit. Tetapi pasti ada, hanya saja langka. Karena bersikap konsisten itu perlu komitmen tinggi.

Baca juga: Generali Indonesia Kenalkan Asuransi ROBOARMS, Apa Saja Keunggulannya?

Konsisten adalah kunci keberhasilan. Akan ada akibat buat kamu yang tidak konsisten dalam bekerja, apa saja? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari Cermati.com:

• Kurang kompeten dalam pekerjaan

Konsisten bisa membuatmu fokus dalam bekerja. Apapun hasilnya, kamu tidak peduli. Terpenting adalah melakukan yang terbaik pada pekerjaan.

Sementara jika tidak konsisten, kamu tidak akan pernah menjadi karyawan yang kompeten di bidang pekerjaanmu. Apalagi menjadi ahli atau pakarnya, tidak akan sama sekali.

Untuk menghadapi kesulitan atau kendala di dalam pekerjaan sehari-hari saja tidak mampu, terlebih untuk tugas baru. Karena kamu tidak mengupayakannya sedari awal.

• Karier tidak berkembang

Akibat tiada konsisten dalam bekerja, kamu tidak mencapai prestasi apapun. Jadi karyawan biasa-biasa saja. Tidak ada yang spesial, level standar terus.

Dengan kinerja demikian, berharap naik jabatan atau gaji? Tidak mungkin. Otomatis, karier kamu bakal mentok. Bersyukur tidak dipecat atau PHK.

Baca juga: Hypefast Buka Kesempatan Kerja Sama dengan Brand Lokal, Minat?

• Mengurusi hal yang tidak penting

Tidak konsisten berarti tidak fokus dalam bekerja. Lalu apa yang menjadi perhatian orang-orang model seperti ini?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com