Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah yang Dimaksud dengan Distribusi dan Distributor?

Kompas.com - 17/10/2021, 20:34 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Apakah yang dimaksud distribusi dan distributor (apa yang dimaksud dengan distribusi dan distributor)? Pertanyaan tersebut barangkali sering terdengar dalam pembahasan mata pelajaran ekonomi di sekolah.

Distribusi adalah salah satu komponen dalam kegiatan ekonomi selain kegiatan produksi dan konsumsi. 

Kegiatan distribusi adalah aktivitas menyalurkan atau mendistribusikan barang atau jasa. Pihak yang melakukan proses distribusi disebut dengan distributor. Kegiatan ini dilakukan agar konsumen atau pembeli bisa mendapatkan barang dengan cepat. 

Merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 22/M-DAG/PER/3/2016 tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang, distribusi adalah kegiatan ekonomi berupa penyaluran barang, baik secara langsung atau tidak, kepada konsumen.

Baca juga: Cara Mengisi Shopeepay di Alfamart dan Indomaret

Kegiatan ekonomi ini sangat dipengaruhi oleh sarana transportasi dan akses jalan yang memadai. Selain berguna dalam fungsi penyaluran, distributor juga bertugas memastikan agar produk dapat diterima konsumen dengan baik.

Kegiatan distribusi dilakukan untuk menunjang dan memenuhi kebutuhan hidup manusia. Kegiatan ekonomi ini tidak dapat berjalan sepenuhnya hanya dengan satu individu, namun perlu kerja sama dengan lebih dari satu pihak. Ada yang berlaku sebagai penjual dan pembeli.

Itulah jawaban untuk pertanyaan apakah yang dimaksud distribusi dan distributor (apa yang dimaksud dengan distribusi dan distributor).    

Apakah yang dimaksud dengan distribusi dan distributor atau apa yang dimaksud dengan distribusi dan distributor?Kontributor Nunukan, Sukoco Apakah yang dimaksud dengan distribusi dan distributor atau apa yang dimaksud dengan distribusi dan distributor?

Baca juga: Baragam Faktor Utama Pendukung Keberhasilan Usaha

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com