Pupuk Kaltim Ajak Masyarakat Bangga Gunakan Produk Indonesia

Kompas.com - 18/10/2021, 19:14 WIB
Kantor Pupuk Kaltim di Bontang Kalimantan Timur KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoKantor Pupuk Kaltim di Bontang Kalimantan Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mengajak masyarakat untuk bangga menggunakan produk buatan Indonesia, agar menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Langkah tersebut sebagai dukungan Pupuk Kaltim terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Kalimantan Timur.

Gerakan ini diluncurkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan, bersama Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI Abdul Halim Iskandar, Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Baca juga: Dengan Program Makmur Pupuk Kaltim, Pendapatan Petani Padi di Banyuwangi Naik Jadi Rp 24 Juta per Hektare

Direktur Utama Pupuk Kaltim Rahmad Pribadi mengatakan, kebanggaan akan produk buatan Indonesia sudah sepatutnya digaungkan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap hasil karya pelaku usaha dalam negeri, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi akibat terimbas pandemi Covid-19.

Ia menambahkan, produk UMKM khususnya Kaltim, diklaim memiliki kualitas sangat baik dengan daya saing tinggi, yang bisa dilihat dari kontribusinya terhadap aktivitas ekspor yang terus meningkat setiap tahun.

Bahkan, di kuartal I/ 2021, produk UMKM Kaltim mampu menembus ekspor ke 10 negara dengan nilai mencapai 2 juta dollar AS atau Rp 28 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sudah sepatutnya kita bangga dengan produk Indonesia, karena selain mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, juga sebagai wujud kecintaan kita terhadap produk buatan anak negeri,” ujar Rahmad dalam siaran persnya, dikutip Kompas.com, Senin (18/10/2021).

Baca juga: Pupuk Kaltim Bukukan Laba Bersih Rp 4,19 Triliun, Tertinggi Dalam 44 Tahun

Semangat Gernas BBI Kaltim juga selaras dengan misi Pupuk Kaltim untuk mendorong sektor UMKM terus tumbuh dan berkembang, dengan melakukan pembinaan berkesinambungan di segala bidang.

Mulai dari permodalan, pendampingan dan promosi, penguatan kapasitas kelompok, serta Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI).

Tercatat hingga saat ini, Pupuk Kaltim telah membina lebih dari 28.000 UMKM di Bontang dan Kaltim pada berbagai sektor.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.