Kompas.com - 18/10/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Restrukturisasi kredit adalah istilah yang familiar bagi Anda yang pernah mengajukan pinjaman atau kredit baik melalui bank atau perusahaan pembiayaan selain bank.

Restrukturisasi kredit kerap kali digunakan sebagai istilah yang menggambarkan kondisi di mana debitur atau pihak yang mendapatkan pinjaman bisa melakukan upaya perbaikan kreditnya.

Secara lebih detil, artikel ini akan membahas tentang apa itu restrukturisasi kredit, contoh, dan syarat mengajukan restrukturisasi kredit.

Pengertian Restrukturisasi Kredit

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di laman resminya menjelaskan pengertian restrukturisasi kredit adalah upaya perbaikan yang dilakukan dalam kegiatan perkreditan terhadap debitur yang berpotensi mengalami kesulitan untuk memenuhi kewajibannya.

Bisa dikatakan, restrukturisasi kredit adala keringanan yang diberiakan oleh bank atau lembaga pembiayaan agar debitur bisa melunasi utangnya.

Baca juga: Pengertian Profit Taking dan Cut Loss dalam Investasi Saham

Tentu saja, restrukturisasi kredit ini berbeda dengan penghapusan utang. Pengertian restrukturisasi kredit lebih kepada pemberian keringanan untuk membayar cicilan utang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, utang debitur, yang terdiri atas pokok dan bunga masih ada.

Bentuk keringanan tersebut pun beragam, tergantung pada kesepakatan bersama antara debitur dengan pihak pemberi utang atau kredit.

Macam jenis kebijakan restrukturisasi kredit yang diberikan pihak bank antara lain melalui:
Penurunan suku bunga kredit

  1. Perpanjangan jangka waktu kredit
  2. Pengurangan tunggakan bunga kredit
  3. Pengurangan tunggakan pokok kredit
  4. Penambahan fasilitas kredit
  5. Konversi kredit menjadi Penyertaan Modal Sementara.

Tentu saja, pemberian restrukturisasi kredit tak diberikan secara cuma-cuma kepada semua nasabah. Terdapat syarat dan ketentuan bagi nasabah yang dianggap berhak dan layak untuk mendapatkan restrukturisasi kredit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.