PLN Jamin Pasokan Listrik Selama Penyelenggaraan Balapan di Mandalika

Kompas.com - 18/10/2021, 20:02 WIB
Tim PDKB PLN Babel saat perbaikan jaringan listrik. KOMPAS.com/HERU DAHNURTim PDKB PLN Babel saat perbaikan jaringan listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) memastikan kesiapan pasokan listrik yang akan menyuplai Kawasan Khusus The Mandalika atau Mandalika International Street Circuit (MISC).

PLN menjamin layanan zero down time atau listrik tanpa kedip selama penyelenggaraan balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Hal itu seiring dengan keberhasilan serangkaian commissioning test yang telah dilakukan sejak awal September 2021.

Baca juga: Beban Puncak Listrik Jawa-Bali Mencetak Rekor, Ini Kata PLN

Sebelumnya, PLN telah lebih dulu merampungkan seluruh pekerjaan fisik untuk infrastruktur kelistrikan yang akan menyuplai MISC di akhir bulan Agustus 2021 lalu.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara, Syamsul Huda menjelaskan, commissioning test merupakan tahap akhir dari seluruh rangkaian persiapan PLN melistriki MISC.

Tes ini wajib dilakukan untuk menguji seluruh aspek dari komponen atau peralatan yang terbangun, yakni ketahanan, fungsi peralatan, dan lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Hasil pengujiannya, peralatan PLN yang telah terpasang layak untuk dioperasikan. Artinya, PLN sudah 100 persen siap untuk melistriki gelaran internasional World Superbike (WSBK) di November 2021 mendatang,” ujar Huda dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/10/2021).

Menurutnya, dari sisi kecukupan daya, sistem kelistrikan Lombok yang akan menyuplai MISC, dalam kondisi aman. Rata-rata beban puncak adalah 270 megawatt (MW) dan daya mampu yang tersedia adalah 376,8 MW.

Artinya, masih ada cadangan daya sebesar 106 MW. Dengan demikian, daya listrik yang tersedia sangat mencukupi kebutuhan di NTB, termasuk untuk World Superbike 2021 dan seluruh infrastruktur pendukungnya.

Huda menjelaskan, khusus untuk World Superbike 2021 dan MotoGP yang akan digelar pada 2022 mendatang, PLN telah mempersiapkan skenario zero down time, yakni sistem suplai listrik berlapis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.