Grace Period Adalah Masa Tenggang Pembayaran Utang, Apa Itu?

Kompas.com - 18/10/2021, 20:18 WIB
 Ilustrasi kartu kredit. Black card populer sejak tahun 1999. Apa itu black card? Black card adalah jenis kartu kredit premium. (Dok. Shutterstock). Black card populer sejak tahun 1999. Apa itu black card? Black card adalah jenis kartu kredit premium. Ilustrasi kartu kredit. Black card populer sejak tahun 1999. Apa itu black card? Black card adalah jenis kartu kredit premium.
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Grace period adalah fasilitas yang disediakan oleh bank atau perusahaan asuransi untuk meringankan pembayaran premi atau utang oleh nasabah.

Istilah grace period pasti familiar bagi pengguna kartu kredit atau pemilik polis asuransi.

Grace period adalah keringanan yang diberikan ketika sebuah utang mengalami masa jatuh tempo namun nasabah atau pihak debitur memiliki kesulitan untuk membayar utang mereka.

Bila nasabah tak mampu membayar utang, biasanya akan terjadi peningkatan tagihan bulanan karena denda.

Baca juga: Apa Itu UKM dan Bagaimana Klasifikasi?

Namun, keberadaan fitur grace period ini diberikan agar denda nasabah tak menumpuk dan nasabah jadi kian kesulitan untuk membayar kewajiban mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jadi, apa itu grace period? Seperti apa contoh penerapan grace period?

Pengertian Grace Period

Dilansir dari Investopedia, grace period adalah masa tenggang setelah jatuh tempo pembayaran utang yang diberikan oleh bank atau perusahaan asuransi sehingga nasabah dapat membayarkan kewajiban tanpa harus membayar denda.

Biasanya, masa berlaku greace period adalah selama 15 hari dan biasanya berlaku untuk jenis pinjaman jangka panjang seperti KPR atau untuk kontrak asuransi.

Grace period mengizinkan peminjam, baik nasabah asuransi atau nasabah bank untuk menunda pembayaran kewajiban mereka dalam jangka waktu tertentu setelah tanggal jatuh tempo.

Selama periode waktu tersebut, tidak ada biaya yang dibebankan kepada nasabah dan penundaan pembayaran kewajiban tersebut tidak boleh menghasilkan gagal bayar utang atau pembatalan kontrak kewajiban yang harus dibayarkan.

Baca juga: Pengertian Profit Taking dan Cut Loss dalam Investasi Saham

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.