Kompas.com - 19/10/2021, 16:59 WIB
Logo PT Bank Syariah Indonesia Tbk. kode bank mandiri syariah, kode bank bni syariah, kode bank syariah indonesia, kode bank bri syariah Dok. Bank Syariah IndonesiaLogo PT Bank Syariah Indonesia Tbk. kode bank mandiri syariah, kode bank bni syariah, kode bank syariah indonesia, kode bank bri syariah

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berperan aktif mendorong inklusi keuangan melalui digitalisasi. Salah satunya melalui penggunaan teknologi QR Code Indonesia Standard (QRIS).

Group Head Digital Banking Business & Islamic Ecosystem, Wijayanto, menjelaskan pengguna BSI Mobile dapat dengan mudah melakukan transaksi non-tunai menggunakan QRIS BSI, baik untuk transaksi belanja maupun bersedekah.

Layanan QRIS BSI untuk sedekah merupakan bentuk dukungan BSI dalam mendigitalisasi keuangan masjid. Saat ini, ada sekitar 32.000 merchant yang menerima transaksi menggunakan QRIS BSI. Jumlah itu meningkat 60 persen dari jumlah merchant pada 2020 lalu.

"Dari total itu, 70 persen merupakan merchant bisnis dan 30 persen adalah merchant donasi seperti layanan sedekah masjid," ungkap Wijayanto, dalam keterangan resmi, Selasa (19/10).

Baca juga: Pendapatan Bukalapak Pada Kuartal II 2021 Tumbuh 37 Persen

Dari sisi jumlah transaksi, QRIS BSI mencatatkan peningkatan signifikan QRIS di bulan September 2021 sebesar 447 persen dibandingkan jumlah transaksi pada September 2020.

Jumlah transaksi QRIS BSI yang berasal dari masjid dan donasi juga melesat hingga 430 persen dibandingkan jumlah transaksi pada September 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Volume transaksi QRIS BSI juga melonjak 500 persen dibandingkan volume transaksi pada September 2020. Volume transaksi QRIS BSI yang berasal dari masjid dan donasi juga naik 447% dibandingkan volume transaksi pada September 2020.

Wijayanto menambahkan bahwa peningkatan jumlah dan volume transaksi QRIS BSI dari masjid dan donasi tak lepas dari kolaborasi BSI dengan berbagai pihak, di antaranya Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta. BSI berkerja sama dengan DMI Jakarta sejak Juni 2021 lalu.

Baca juga: MTI: Proyek Kereta Cepat Krusial bagi Sektor Transportasi Publik

Ada sekitar 5.000 masjid di Jakarta dan sekitar 1.900 masjid di antaranya siap dibukakan rekening dan QRIS BSI dalam waktu dekat ini.

"Melalui QRIS BSI, masjid-masjid Insyaa Allah lebih mudah menerima pembayaran zakat, sedekah, infak, dan wakaf (ziswaf). Terlebih di masa pandemi seperti saat ini," katanya.

Kemudahan yang sama juga dapat dirasakan nasabah. Nasabah dapat dengan mudah menyalurkan ziswaf secara non-tunai menggunakan fitur QRIS BSI di aplikasi BSI Mobile. Apalagi, BSI Mobile menyuguhkan berbagai program menarik, salah satunya Hujan Rezeki.

QRIS diluncurkan Bank Indonesia pada pertengahan 2019 lalu. QRIS dihadirkan untuk memudahkan merchat maupun konsumen melakukan transaksi non-tunai karena satu QR code milik merchant dapat dipindai menggunakan berbagai aplikasi pembayaran berbasis QR code seperi QRIS BSI. (Reporter: Ferrika Sari | Editor: Noverius Laoli)

Baca juga: 3 Tips Mencari Partner Bisnis yang Tepat

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Hingga September 2021, transaksi QRIS Bank Syariah Indonesia tumbuh 447%

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.