Kemenkop Janji Bantu Pelaku UMKM Galendo Perluas Pasar

Kompas.com - 19/10/2021, 19:10 WIB
Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman saat mengunjungi Sentra Oleh-oleh Makanan Khas Ciamis Rajanya Galendo di Ciamis DOKUMENTASI HUMAS KEMENKOP UKMSekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Arif Rahman saat mengunjungi Sentra Oleh-oleh Makanan Khas Ciamis Rajanya Galendo di Ciamis
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Kemenkop UKM Arif Rahman Hakim mengatakan, Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) terus mendorong para pelaku UKM untuk meningkatkan daya saing serta memperluas pasar hingga mancanegara.

Hal itu ia sampaikan saat mengunjungi sentra oleh-oleh makanan khas Ciamis Rajanya Galendo, di Ciamis, pada Selasa (19/10/2021).

"Ini tugas kita untuk selalu memberikan pendampingan dan support kepada pelaku usaha mikro untuk terus berinovasi dalam mengembangkan produknya agar dapat memperluas pasar tak hanya di dalam negeri tetapi juga mancanegara," kata Arif seperti dikutip Kompas.com dari siaran pers, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Lagi, Gubernur BI Minta Perbankan Turunkan Suku Bunga Kredit

Arif menegaskan bahwa pihaknya akan selalu memberikan wadah bagi para pelaku UKM untuk mempromosikan produk-produknya sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 2021.

Dalam PP tersebut, salah satunya mencakup dukungan 30 persen alokasi pada infrastruktur publik seperti rest area jalan tol, bandara, dan stasiun bagi koperasi dan UMKM dalam pengembangan dan pemasaran usaha.

Dalam kesempatan tersebut, Arif juga memberikan apresiasi kepada sentra oleh-oleh Rajanya Galendo yang terus melakukan inovasi dalam melakukan branding produk unggulannya yaitu Galendo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya apresiasi karena reseller-nya sudah banyak, dan teknologinya juga sudah modern. Ini patut kita dorong lagi agar Galendo dapat dikenal masyarakat dan pasar yang lebih luas," ungkapnya.

Sementara itu, H. Endut selaku pemilik sentra oleh-oleh Rajanya Galendo menceritakan awal muasal usahanya yang merupakan bisnis turunan dari orang tuanya terdahulu.

"Usaha ini memang turunan dari orang tua saya. Sudah lumayan panjang perjalanannya. Tapi, alhamdulillah masih bisa bertahan hingga saat ini, bahkan sudah lebih maju," kata H. Endut.

Baca juga: Stabilkan Harga, Japfa Serap Telur Peternak Nasional

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.