[POPULER MONEY] Menkop Tanggapi Kasus Frozen Food | Kadin Protes Kebijakan Penumpang PesawatWajib PCR

Kompas.com - 21/10/2021, 06:00 WIB
Ilustrasi tes swab Covid-19. (SHUTTERSTOCK/Cryptographer)Ilustrasi tes swab Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kejadian pemanggilan pelaku bisnis frozen food oleh polisi mendorong Menkop UKM Teten Masduki buka suara.

Teten meminta agar polisi mengutamakan pembinaan kepada pelaku usaha makanan beku itu. Berita tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Rabu (20/10/2021).

Sementara itu berita lain yang masuk terpopuler adalah soal kebijakan naik pesawat yang harus pakai PCR, yang belakangan ini diprotes Kadin. Berikut daftar berita terpopuler selengkapnya:

1. Pelaku UMKM "Frozen Food" Dipanggil Polisi, Menkop Minta Aparat Utamakan Pembinaan

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki buka suara terkait kabar banyaknya pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) frozen food yang dipanggil oleh pihak kepolisian.

Menkop UKM mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian mengenai permasalahan hukum yang dihadapi pelaku UMKM terkait izin edar usaha frozen food tersebut.

2. Naik Pesawat Kini Wajib Tes PCR, Antigen Tak Berlaku

Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel di berbagai daerah. Setiap daerah dikategorikan pada level 1-4 tergantung pada tingkat kasus penularan dan kematian.

Selain itu, pemerintah juga melakukan beberapa aturan pelonggaran. Namun untuk syarat perjalanan udara domestik justru diperketat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aturan terbaru naik pesawat hanya diperbolehkan menggunakan tes PCR sebagai syarat penerbangan (syarat naik pesawat), bukan lagi Antigen, dan berlaku sepanjang dua pekan ke depan. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

3. Antigen Tak Berlaku untuk Naik Pesawat, Kadin Minta Aturan Dicabut

Hasil tes Swab Antigen kini tak berlaku untuk syarat perjalanan naik pesawat. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Perhubungan keberatan dengan ketentuan ini.

Wakil Ketua Umum Bidang Perhubungan Kadin Indonesia Denon Prawiraatmadja meminta agar pemerintah mencabut aturan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.