Begini Cara Menambang Bitcoin Sekaligus Perangkat yang Dibutuhkan

Kompas.com - 21/10/2021, 08:50 WIB
Ilustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin. SHUTTERSTOCK/CHINNAPONGIlustrasi aneka uang kripto (cryptocurrency). Ilustrasi Bitcoin.
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menambang bitcoin bisa dilakukan dengan seperangkat komputer dan software canggih serta daya listrik yang besar. Hal ini berbeda dengan menambang beragam komoditas tambang seperti emas, perak, atau bahkan batu bara yang memerlukan alat berat.

Untuk diketahui, bitcoin adalah mata uang kripto yang saat ini paling populer. Harga bitcoin pada perdagangan hari ini, Kamis (21/10/2021) kembali menembus harga tertingginya di kisaran 67.276 dollar AS per keping atau sekitar Rp 948,59 juta (kurs Rp 14.100).

Harga bitcoin itu menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah, memecahkan rekor sebelumnya pada April lalu.

Posisi bitcoin tersebut menguat hampir sektiar 55.000 persen dibanding September lalu yang sempat merosot di bawah 44.000 dollar AS per keping.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Rp 930 Juta, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Hal itu membuat kapitalisasi pasar bitcoin menembus level 1,24 triliun dollar AS atau setara dengan sekitar Rp 17.484 triliun.

Jadi sebenarnya, apa itu menambang bitcoin, dan bagaimana cara menambang bitcoin?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengertian Menambang Bitcoin

Penggunaan kata tambang atau mining dalam bitcoin sebenarnya adalah perumpamaan. Sebenarnya, menambang bitcoin adalah sebuah proses memecahkan permasalahan matematika yang rumit.

Hal itu yang membuat proses untuk mendapatkan aset kripto ini diibaratkan sebagai proses layaknya menambang emas.

Di dunia, jumlah bitcoin yang tersedia atau yang bisa ditambang terbatas. Hal itulah yang membuat bitcoin memiliki harga yang tinggi.

Jumlah bitcoin yang tersedia yakni sebanyak 21 juta bitcoin, dengan jumlah yang saat ini beredar, atau sudah berhasil ditambang sebanyak 18,84 juta bitcoin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.