Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menambang Bitcoin Sekaligus Perangkat yang Dibutuhkan

Kompas.com - 21/10/2021, 08:50 WIB
Mutia Fauzia

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Cara menambang bitcoin bisa dilakukan dengan seperangkat komputer dan software canggih serta daya listrik yang besar. Hal ini berbeda dengan menambang beragam komoditas tambang seperti emas, perak, atau bahkan batu bara yang memerlukan alat berat.

Untuk diketahui, bitcoin adalah mata uang kripto yang saat ini paling populer. Harga bitcoin pada perdagangan hari ini, Kamis (21/10/2021) kembali menembus harga tertingginya di kisaran 67.276 dollar AS per keping atau sekitar Rp 948,59 juta (kurs Rp 14.100).

Harga bitcoin itu menjadi rekor tertinggi sepanjang sejarah, memecahkan rekor sebelumnya pada April lalu.

Posisi bitcoin tersebut menguat hampir sektiar 55.000 persen dibanding September lalu yang sempat merosot di bawah 44.000 dollar AS per keping.

Baca juga: Harga Bitcoin Tembus Rp 930 Juta, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Hal itu membuat kapitalisasi pasar bitcoin menembus level 1,24 triliun dollar AS atau setara dengan sekitar Rp 17.484 triliun.

Jadi sebenarnya, apa itu menambang bitcoin, dan bagaimana cara menambang bitcoin?

Pengertian Menambang Bitcoin

Penggunaan kata tambang atau mining dalam bitcoin sebenarnya adalah perumpamaan. Sebenarnya, menambang bitcoin adalah sebuah proses memecahkan permasalahan matematika yang rumit.

Hal itu yang membuat proses untuk mendapatkan aset kripto ini diibaratkan sebagai proses layaknya menambang emas.

Di dunia, jumlah bitcoin yang tersedia atau yang bisa ditambang terbatas. Hal itulah yang membuat bitcoin memiliki harga yang tinggi.

Jumlah bitcoin yang tersedia yakni sebanyak 21 juta bitcoin, dengan jumlah yang saat ini beredar, atau sudah berhasil ditambang sebanyak 18,84 juta bitcoin.

Lalu, permasalahan matematika apa yang harus dipecahkan dan mengapa bisa menghasilkan bitcoin?

Proses pemecahan masalah matematika tersebut sebagai bentuk upaya untuk menambah blok baru dalam sistem transaksi bitcoin ibaratnya adalah sebuah buku kas besar yang disebut dengan blockchain.

Setiap keping Bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi dompet digital di smartphone atau komputer. Para pemilik Bitcoin bertransaksi dengan cara mengirimkan (satu atau sebagian) uang digital tersebut melalui dompet digital.

Baca juga: Apa Itu Merkantilisme?

 

Lalu, setiap transaksi Bitcoin dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Menambang bitcoin adalah salah satu cara untuk mendapatkan bitcoin. Selain itu, Anda bisa juga mendapatkan bitcoin dengan membeli bitcoin di platform perdagangan aset kripto, atau menjual suatu barang dengan menerima pembayaran dengan bitcoin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com