Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Gandeng PT Badak NGL Perkuat Bisnis LNG

Kompas.com - 21/10/2021, 10:10 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com – PT PGN Tbk menggandeng PT Badak Natural Gas Liquefaction (PTB) untuk pemanfaatan dan pengembangan bisnis LNG di lingkup holding migas.

Untuk merealisasikan kerjasama, PGN dan PTB menandatangani Heads Of Agreement (HOA) mengenai Kerjasama Pemanfaatan Hub Terminal LNG Bontang pada Selasa, (19/10/2021).

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur PGN Utama PGN M Haryo Yunianto dan President Director& Chief Executive Officer PTB Gema Iriandus Pahalawan, disaksikan oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero) Mulyono.

Baca juga: Sejumlah Negara Dilanda Krisis Energi, Bagaimana dengan Indonesia?

Direktur Utama PGN M. Haryo Yunianto mengungkapkan, terdapat kebutuhan untuk pemanfaatan terminal LNG Badak sebagai LNG Hub untuk titik suplai pasokan LNG bagi sejumlah proyek.

Proyek yang dimaksud meliputi gasifikasi maupun regasifikasi Subholding Gas untuk proyek gasifikasi Kilang Pertamina, penugasan Kepmen 13, LNG Trading, LNG Bunkering, LNG Storage and Reloading, gasifikasi Smelter, Small Scale LNG Isotank dan Small Scale LNG dan proyek development lainnya.

"Sedangkan untuk regasifikasi LNG dilakukan untuk keperluan RDMP RU V Balikpapan dan industri di Kalimantan Timur, pemenuhan energi ramah lingkungan untuk ibu kota baru di Kalimantan Timur dan pengembangan cold storage,” papar dalam keterangan resmi, Rabu (20/10/2021).

Kerjasama dengan PTB juga mencakup pelatihan dan pengembangan pekerja, serta technical services yang meliputi technical advisor, troubleshooting, dan perbaikan.

“Transformasi PGN sebagai Subholding Gas memperkuat peran dalam pengelolaan bisnis gas bumi nasional dan portofolio LNG yang terintegrasi. Pengelolaan LNG portofolio dari Pertamina akan diserahkan secara bertahap ke Subholding Gas, ini yang harus kami jalankan seoptimal mungkin agar pemanfaatannya ke depan menjadi lebih baik,” tutup Haryo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com