Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Nilai Ekspor RI Agustus 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 21/10/2021, 16:51 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyebut nilai eskpor Indonesia pada Agustus 2021 menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia.

Oleh karena itu, ia mengatakan bahwa kinerja neraca perdagangan Indonesia memiliki kinerja yang sangat baik.

"Surplus tertinggi terjadi pada Agustus 2021 lalu yang mencapai 4,7 miliar dollar AS dengan rekor capaian nilai ekspor tertinggi per bulan dalam sejarah Indonesia yaitu sebesar 21,43 miliar dollar AS," ujar Mendag Lutfi dalam Opening Ceremony Trade Expo Indonesia - Digital Edition (TEI-DE) 2021 yang disiarkan secara virtual Kamis (21/10/2021).

Selain itu, Mendag juga menyebut total ekspor Indonesia selama periode Januari hingga September 2021 mencapai 163,4 miliar dollar AS.

Baca juga: Erick Thohir: Ketergantungan dengan Produk Impor Harus Ditekan

Walau demikian, Mendag tidak mau puas dalam capaian kinerja neraca dagang tersebut. Sebab, menurut dia, tantangan perdagangan global selama pandemi ini masih belum selesai.

"Pandemi Covid-19 masih belum selesai, ancaman krisis energi, krisis pangan, persaingan era digital, kenaikan harga komoditas, perubahan global suply chain serta isu lingkungan dan perubahan iklim juga menjadi tantangan yang baru dan perlu diwaspadai," kata Mendag Lutfi.

Oleh sebab itu, lanjut dia, pihaknya terus meningkatkan daya saing perdagangan Indonesia. Salah satunya, melakukan konversi ekspor dari bahan mentah ke barang jadi.

"Peningkatan akses pasar di negara mitra juga terus dilakukan Kemendag untuk terus mendukung pertumbuhan ekspor non migas setelah terwujudnya Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan Indonesia-Korea CEPA di penghujung tahun 2020," pungkasnya.

Baca juga: Kemenhub Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com