Hedging Adalah Lindung Nilai: Pengertian, Jenis, dan Contoh

Kompas.com - 21/10/2021, 17:51 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
Penulis Mutia Fauzia
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Hedging adalah strategi investasi yang digunakan dengan tujuan untuk melindungi portofolio investasi Anda minus atau mengurangi risiko dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Hedging atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan lindung nilai adalah upaya untuk mengurangi atau meminimalisir risiko kerugian dari aset yang mengalami penurunan nilai.

Biasanya, hedging atau lindung nilai dilakukan dengan mengambil strategi mengimbangi atau melakukan strategi yang berlawanan dengan kondisi yang sedang terjadi.

Pengertian Lindung Nilai

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lindung nilai adalah strategi yang digunakan untuk mengurangi penurunan nilai sebuah aset atau portofolio investasi.

Sehingga, bisa dikatakan, cara mudah mengilustrasikan hedging yakni lewat asuransi.

Baca juga: Restrukturisasi Kredit: Pengertian, Syarat, dan Contoh

Sebagai contoh, bila Anda tinggal di sebuah wilayah yang rawan banjir, bila Anda ingin melindungi aset Anda dari risiko kebanjiran, Anda bisa mengambil asuransi banjir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Risiko banjir memang tidak bisa dihindari, namun Anda bisa melakukan perencanaan untuk memitigasi risiko tersebut.

Meski hedging bersifat melindungi nilai sebuat aset atau portofolio investasi, di sisi lain, ada hal yang harus Anda bayar untuk melakukan hal itu.

Contohnya saja dengan asuransi banjir yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda harus membayar premi secara bulanan sesuai dengan polis yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Asuransi tersebut bisa diklaim ketika banjir benar-benar terjadi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.