Pesan Jokowi ke Santri: Orientasi Bukan Lagi Cari Kerja, Tapi Ciptakan Lapangan Kerja

Kompas.com - 22/10/2021, 11:30 WIB
Presiden Joko Widodo TANGKAPAN LAYARPresiden Joko Widodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap wirausaha-wirausaha baru muncul dari kalangan santri. Hal ini diucapkan Jokowi saat memperingati Hari Santri Nasional di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/10/2021).

Jokowi mengungkapkan, orientasi para santri seharusnya tidak lagi mencari kerja usai lulus dari pondok pesantren. Dia ingin para santri justru menjadi wirausaha dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

"Kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausaha, dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren. Orientasi santri seharusnya bukan lagi mencari pekerjaan, tapi sudah menciptakan kesempatan kerja bagi banyak orang. Menebar manfaat seluas-luasnya bagi umat," kata Jokowi dalam Peluncuran Logo MES, Jumat.

Baca juga: Intip Kinerja 7 Tahun Tol Laut Jokowi, Apa Hasilnya?

Jokowi mengungkapkan, para santri yang akan menjadi wirausaha ini berperan penting dalam perkembangan ekonomi syariah di Tanah Air. Para santri mampu menjadi lokomotif ekonomi syariah yang menyentuh umat secara langsung.

Menurut Jokowi, pondok pesantren, madrasah, maupun pendidikan tinggi agama islam memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk jiwa entrepreneurship para santri.

"Pendidikan lulusan yang inovatif. Mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses," jelas Jokowi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terkait modal usaha, pemerintah menyiapkan berbagai skema pembiayaan, mulai dari KUR, Mekaar, dan bank wakaf mikro. Pembiayaan ini merupakan pelengkap dan sarana percepatan inklusi keuangan yang bisa diakses oleh para santri.

Untuk itu dia berharap para santri dapat memanfaatkan skema dan program yang sudah disediakan pemerintah.

"Saya berharap, pesantren dan para santri dapat memanfaatkan berbagai program pembiayaan ini dengan baik sehingga pesantren dan para santri dapat semakin berperan dalam memperkuat ekonomi umat," tutup Jokowi.

Baca juga: Aplikasi Ini Dorong Santri Jualan Online

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.