Mengapa Kabel Listrik Bertegangan Tinggi Dipasang Agak Kendur?

Kompas.com - 22/10/2021, 13:30 WIB
Kondisi tiang listrik di sejumlah jalan yang ada di Kota Tangerang, Rabu (4/10/2017) siang. Beberapa tiang listrik nampak miring, berkarat, serta kabel listrik terpasang dengan kusut bahkan terputus dan menggantung hingga dapat mengenai orang yang melintas. KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Kondisi tiang listrik di sejumlah jalan yang ada di Kota Tangerang, Rabu (4/10/2017) siang. Beberapa tiang listrik nampak miring, berkarat, serta kabel listrik terpasang dengan kusut bahkan terputus dan menggantung hingga dapat mengenai orang yang melintas.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemasangan kabel listrik bertegangan tinggi biasanya dipasang agak kendur. Sejumlah orang pun bertanya-tanya mengapa hal tersebut dilakukan.

Pasalnya, pemasangan kabel listrik yang dibuat agak kendur menjadi terlihat kurang rapih. Hal tersebut pun dianggap kurang berestetika jika dilihat mata.

Sebagian orang pun beranggapan jika pemasangan kabel listrik dibuat lebih ketat akan terlihat lebih rapih. Selain itu, metode pemasangan kabel listrik dengan cara lebih ketat dianggap akan lebih hemat, karena tidak terlalu membutuhkan kabel yang terlalu panjang.

Baca juga: Pembangkit Listrik Tenaga Fosil Akan Hilang dari Indonesia pada 2060

Lantas, mengapa kabel listrik bertegangan tinggi dipasang agak kendur?

Rupanya, metode pemasangan kabel listrik dengan cara tersebut memiliki alasan tersendiri. Alasannya karena untuk menghindari pemuaian yang diakibatkan karena perubahan suhu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari laman ditsmp.kemdikbud.go.id, pemuaian adalah peristiwa perubahan dimensi atau ukuran suatu benda akibat perubahan suhu.

Bentuk suatu benda bisa berubah akibat peningkatan suhu menjadi bertambah panjang, lebar, luas, bahkan volume benda tersebut.

Kebalikan dari pemuaian, suhu yang rendah bisa menyebabkan penyusutan yang berpengaruh pada berkurangnya panjang, lebar, luas, dan volume suatu benda.

Baca juga: Sejumlah Negara Krisis Energi, Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tak Naik Sampai Akhir 2021

Atas dasar alasan tersebut pula lah mengapa kabel kabel listrik bertegangan tinggi dipasang agak kendur.

Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kabel listrik putus saat menyusut di malam hari ketika suhunya dingin atau rendah. Sebab, saat terjadi penyusutan akan terjadi pengurangan panjang, lebar, luas, dan volume suatu benda.

Maka dari itu jika kabel listrik dipasang terlalu ketat dikhawatirkan bisa putus saat terjadinya penyusutan pada malam hari. Akibat putusnya kabel tersebut bisa menyebabkan terganggunya pasokan listrik.

Baca juga: Beban Puncak Listrik Jawa-Bali Mencetak Rekor, Ini Kata PLN

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.