BCA Siap Implementasikan BI Fast Payment di Desember 2021

Kompas.com - 22/10/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi BCA. SHUTTERSTOCKIlustrasi BCA.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung peluncuran BI Fast Payment yang akan diluncurkan oleh Bank Indonesia pada Desember 2021 mendatang.

Direktur BCA Santoso Liem bilang BI Fast merupakan layanan bank sentral yang akan beroperasi selama 24 jam dan memiliki sistem yang lebih cepat.

"BCA akan berupaya untuk memastikan implementasinya sesuai dengan tenggat waktu yang dijadwalkan oleh regulator," ujar Santoso kepada Kontan.co.id pada Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Ada BI Fast, Batas Biaya Transfer Antar Bank Hanya Rp 2.500

Sebelumnya, Bank Indonesia menyebut BCA menjadi satu dari 22 bank yang akan mengimplementasikan BI Fast pada tahap pertama di minggu kedua Desember 2021. Adapun tarif BI Fast yang ditetapkan oleh Bank Indonesia ke BCA senilai Rp 19 per transaksi.

Sedangkan tarif dari BCA ke nasabah maksimum Rp 2.500 per transaksi. Nilai ini lebih murah dibandingkan sistem kliring nasional BI (SKNBI) sebesar Rp 2.900 per transaksi.

Lanjut Santoso, BCA juga hadir di sisi nasabah melalui BCA mobile dan KlikBCA dengan menghadirkan beragam fitur untuk melengkapi kemudahan transaksi perbankan nasabah. Hingga kuartal ketiga 2021, pengguna BCA mobile tercatat sebesar 18,6 juta pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menyebut, porsi transaksi digital banking yang mencakup mobile dan internet banking BCA, sebesar 88 persen per September 2021. Sedangkan Internet banking BCA tumbuh 29 persen dari 849 juta transaksi di kuartal ketiga 2020 menjadi 1,09 miliar transaksi di kuartal ketiga 2021.

Baca juga: Cara Transfer dan Bayar Pajak Lewat BNI Direct

Begitupun dengan transaksi mobile banking BCA melonjak 55 persen dari 1,7 miliar kali di kuartal III-2020 menjadi 2,64 miliar di kuartal III-2021.

"Ke depannya, BCA akan terus memperkuat ekosistem finansial, penyempurnaan dan modernisasi dari infrastruktur teknologi informasi yang dimiliki dalam mendukung keandalan dan keamanan berbagai layanan perbankan transaksi digital," pungkasnya. (Maizal Walfajri)

 

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: BCA siap implementasikan BI Fast Paymnet di Desember 2021

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.