Kompas.com - 23/10/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi bergosip. ShutterstockIlustrasi bergosip.

KOMPAS.com - Kamu sering mendengar atau melihat rekan kerja bergosip? Ada saja bahan yang dijadikan gunjingan, entah itu sesama rekan kerja, atasan, klien, maupun orang lain di luar kantor

Rasanya lingkungan kantor sudah toxic banget. Gosip berseliweran tak terkontrol, bahkan di saat jam kerja.

Kondisi seperti ini dapat membuatmu kurang nyaman saat bekerja, meskipun bukan kamu yang jadi korban gosip mereka. Tetapi lingkungan kantor yang dipenuhi gosip sudah tidak sehat.

Mau buru-buru resign tidak mungkin, karena masih butuh pekerjaan. Satu-satunya cara adalah menutup telinga rapat-rapat dan menghindari rekan kerja tukang gosip.

Cara lain agar terhindar dari lingkungan kerja toxic akibat gosip, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tidak memulai bergosip

Hal yang paling sederhana adalah tidak memulai bergosip. Jangan pernah menjadi orang pertama yang suka menyebar keburukan orang lain.

Lagipula buat apa? Toh, orang yang kamu gunjingkan tidak mengganggu atau merugikanmu. Kalau hanya mau dipuji jadi orang yang tahu segalanya, itu bukanlah predikat baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlebih jika kinerja ataupun produktivitasmu di kantor rendah. Kamu hanya akan dicap penggosip andal ketimbang karyawan teladan.

Coba kalau kamu berada di posisi orang yang kamu gosipi, pastinya bakal ‘panas juga kupingmu.’ Mungkin juga sakit hati atau marah.

Ingat hukum karma berlaku. Jadi, lebih baik tidak mencampuri urusan orang lain. Hidup akan lebih tenang dan fokus pada pekerjaan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.